Dark/Light Mode

Catat, Tidak Semua Keluarga Miskin Dapat BLT Corona

Selasa, 7 April 2020 15:14 WIB
Ilustrasi BLT. (Foto: Antara)
Ilustrasi BLT. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dampak corona sangat terasa di sektor ekonomi. Presiden Jokowi pun memutuskan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan buat keluarga miskin. 

Tapi, BLT hanya diberikan untuk keluarga miskin yang ada di luar Jabodetabek. Sedangkan yang di jabodetabek, diberikan bantuan sembako dengan nilai yang sama.

Baca juga : Ini Arahan Presiden Soal Penanganan Corona

Hal tersebut disampaikan Menteri Sosial Juliari Batubara usai rapat dengan Presiden Jokowi (7/4). 

Menurut Mensos, BLT akan diberikan kepada seluruh keluarga yang tercatat dalam data terpadu Kementerian Sosial (Kemensos). Namun syaratnya, keluarga tersebut belum menerima bansos lain, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan non Tunai atau pun Kartu Pra Kerja.

Baca juga : Takut Kena Corona

Selain mengandalkan data Kemensos, kata dia, pemerintah juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Menurut Juliari, BLT akan mulai disalurkan bulan ini.

Juliari menambahkan, dari data Kemensos, jumlah keluarga yang berhak mendapatkan BLT saat wabah corona kurang dari 9 juta. 

Baca juga : Gratiskan Listrik Pelanggan Miskin, PLN Disebut Ikut Berperan Hadapi Covid-19

Hal senada dikatakan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Dia memastikan, seluruh masyarakat berpenghasilan rendah yang terdampak virus corona di wilayah Jabodetabek akan menerima BLT sebesar Rp 600 ribu per bulan. Adapun penerima BLT ini di luar dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan bansos BPNT atau Kartu Sembako. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.