Dark/Light Mode

Hari Ini, Pemerintah Putuskan PSBB untuk Depok, Bogor, dan Bekasi

Sabtu, 11 April 2020 12:46 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto. (Foto: Dok. BNPB)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto. (Foto: Dok. BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memutuskan layak atau tidaknya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk lima wilayah di Jawa Barat yaitu Kota Depok, Bogor, Bekasi, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bekasi pada hari ini Sabtu (11/4).

Hal tersebut dibenarkan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto, Sabtu (11/4). "Hari ini, itu kan sesuai peraturan Menteri," kata Yuri.

Baca juga : Selain Padat Karya Tunai, Pemerintah Sedang Siapkan Bantuan Khusus Bahan Pokok

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, PSBB di lima daerah itu akan satu zonasi dengan PSBB DKI Jakarta yang merupakan episentrum penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Karena itu tadi siang (saat Rapat terbatas dengan Wakil Presiden RI) disepakati bahwa Jabodetabek itu akan dihitung sebagai satu unit kesatuan zona. Maka apapun yang dilakukan DKI Jakarta, Bodebek harus melakukan hal yang sama," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Selasa (7/4) malam.

Baca juga : Per Hari Ini, Kemenkumham Sudah Bebaskan 35.676 Napi Umum dan Anak

Emil menjelaskan, pengajuan PSBB oleh 5 daerah akan disampaikan pada Rabu (8/4). Ia berharap, PSBB bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jabar.

Ia mengatakan PSBB diartikan mirip Lockdown, namun relatif masih fleksibel. "Pak Wapres menyepakati agar kota-kota di Jabar dan Banten yang masuk Jabodetabek untuk mengajukan PSBB. Karena waktunya bersamaan bisa dikoordinasikan oleh gubernurnya," pungkas Emil. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.