Dark/Light Mode

Dampak Covid-19 Picu Pengangguran

Istana Waspadai Aksi Anarkis dan Kriminalitas

Jumat, 17 April 2020 08:05 WIB
Polri Peduli Kemanusiaan membagikan sembako ke warga sekitar wilayah Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (16/4). (Foto: Twitter Polda Metro Jaya)
Polri Peduli Kemanusiaan membagikan sembako ke warga sekitar wilayah Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (16/4). (Foto: Twitter Polda Metro Jaya)

 Sebelumnya 
Hal itu dilakukan untuk memastikan bantuan sampai ke masyarakat.

Saat ini, seluruh jajaran Polda di 34 provinsi bersama TNI sudah membuka dapur umum untuk masyarakat yang membutuhkan makanan.

Polri sudah memberikan bantuan lebih dari 600 ribu paket kepada masyarakat.

Baca juga : Pegadaian Berikan Ventilator dan Makanan Gratis

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia berpotensi naik tajam di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Dalam kondisi terburuk, akan ada tambahan 3,78 juta penduduk miskin dan 5,2 juta pengangguran.

Menurutnya, dalam skenario yang cukup berat saja, angka kemiskinan akan bertambah 1,1 juta orang. Pada kondisi yang serupa angka pengangguran akan bertambah 2,9 juta orang.

Baca juga : Tingkat Kematian Tinggi Yang Positif Kok Rendah

Seperti diketahui, pandemi corona memukul perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Pandemi Corona membuat aktivitas kegiatan ekonomi menjadi terbatas. Sebab banyak negara memberlakukan lockdown.

Layanan transportasi baik udara dan laut pun dihentikan sementara.

Indonesia kini telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah kota. Belum diketahui, sampai kapan PSBB akan diberlakukan. Sebab sampai saat ini, angka masyarakat terpapar Covid-19 terus meningkat. Hingga kemarin, tercatat 5.516 masyarakat positif corona, bertambah 380 orang dari hari sebelumnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.