Dark/Light Mode

Kemenhub Cs Fasilitasi Pemulangan ABK Dream Explorer

Kamis, 30 April 2020 15:00 WIB
Pemulangan ABK Dream Explorer. (Foto: ist)
Pemulangan ABK Dream Explorer. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - 359 anak buah kapal (ABK) Dream Explorer, kapal pesiar yang melayani pelayaran dari Shanghai, Sydney dan Auckland, dipulangkan ke Indonesia pada Rabu (29/4) melalui Pelabuhan Tanjung Priok. 

Pemulangan itu difasilitasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Gugus Tugas Covid-19, TNI, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan pihak-pihak lainnya.

Baca juga : Mendag Permudah Impor

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Wisnu Handoko mengatakan, ABK kapal MV Dream Explorer diangkut menggunakan sekoci ke Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok untuk kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Wisnu menjelaskan, sebelum mendarat, ABK lebih dulu diperiksa oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Satgas Covid-19. Para ABK juga melalui pemeriksaan rapid test untuk mengetahui kemungkinan dirinya tertular virus corona. Seusai menjalani tes cepat, seluruh ABK dinyatakan negatif virus corona.

Baca juga : Mahfud: Satgas Saber Pungli Awasi Pembagian Bantuan Sosial

"Setelah diperiksa, para ABK diangkut menggunakan 18 bus menuju tempat karantina di Wisma Atlet. Karena, sebelum pulang ke rumah masing-masing, ABK ini wajib menjalani isolasi selama 14 hari," katanya di Jakarta, Kamis (30/4).

Jika Wisma Atlet tak mampu menampung ABK, Wisnu mengatakan, pihak prinsipal akan menyediakan tempat karantina lainnya. Adapun dari 359 ABK itu, sebanyak 305 orang adalah laki-laki dan 54 sisanya merupakan perempuan.

Baca juga : Tiga KBRI di Eropa Fasilitasi Kepulangan 18 WNI dari Polandia

Menurut Wisnu, pemulangan WNI yang bekerja sebagai ABK di luar negeri ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah untuk melindungi pekerja migran di tengah penyebaran virus corona. Sebelumnya, kata dia, pemerintah juga telah memulangkan ABK MV Artania.

“Selain MV Artania dan MV Dream Explorer, sesuai hasil rapat dengan Gugus Tugas Covid-19 dan pihak-pihak terkait, pada 30 April kami akan kembali memfasilitasi pemulangan sebanyak 374 ABK kapal MV Carnival Splendor,” jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.