Dark/Light Mode

Sekjen PMI Berduka, Didi Kempot Pendonor Darah Sejati

Rabu, 6 Mei 2020 16:15 WIB
Didi Kempot
Didi Kempot

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) berduka cita atas wafatnya seniman dan penyanyi tembang Campursari, Didi Kempot

"PMI merasa kehilangan. Almarhum memiliki jiwa sosial yang tinggi. Senang membantu sesama. Itu dibuktikan dengan menjadi pendonor darah yang aktif," kata Sekjen PMI, Sudirman Said di Jakarta, Rabu (06/05).

Didi Kempot memang tercatat sebagai pendonor darah yang aktif. Tiga bulan sekali, ia rutin donor darah. Terhitung sudah 141 kali penembang ambyar ini mendonorkan darahnya. 

Baca juga : Sang Maestro Didi Kempot Dimakamkan di Ngawi

Alhmarhum mendapat penghargaan Pin Emas, baik dari PMI Provinsi dan Pusat atas dedikasinya.

"Kita kehilangan seniman dan budayawan besar. Tidak banyak yang tahu kalau Mas Didi juga pendonor sejati. Sudah lebih dari 140 kali, secara teratur mendonorkan darahnya," kenang Sudirman. 

Secara pribadi, Sudirman juga merasa kehilangan. Didi Kempot adalah salah satu penyanyi favorit di keluarga pria kelahiran Brebes, Jawa Tengah ini. 

Baca juga : BPIP Turut Berduka, Didi Kempot Maestro Penyampai Pancasila

"Keluarga saya kebetulan penggemar beliau. Anak bungsu saya, M. Iqbal Ibrahim yang sekarang kuliah di UGM, sejak SMA hapal lagu-lagu campur sari Didi Kempot," kisahnya.

Sudirman salut dengan jiwa sosial dan jiwa rela berkorban Didi Kempot. Kerelaan berkorban tampak ketika konsernya batal karena pandemi. 

"Membuat konser dari rumah menghasilkan donasi yang luar biasa besar untuk mereka yang terdampak pandemi. Mas Didi wafat dengan warisan amal yang baik, berusaha membahagiakan warga sampai akhir hayatnya. Insyallah husnul khatimah,"ujarnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.