Dark/Light Mode

Dapat Bansos Dari Mensos, Rakyat Senang

Selasa, 12 Mei 2020 05:50 WIB
Menteri Sosial Juliari Batubara (kiri) meninjau langsung proses pencairan BST kepada Keluarga Penerima Manfaat di Kantor Pos Cimahi, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Istimewa)
Menteri Sosial Juliari Batubara (kiri) meninjau langsung proses pencairan BST kepada Keluarga Penerima Manfaat di Kantor Pos Cimahi, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah Jabodetabek, bantuan sosial (bansos) berupa uang tunai mulai disalurkan ke daerah. Rakyat yang sedang kesusahan senang bukan kepalang...

Akhir pekan kemarin, Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengecek langsung penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bansos sembako. Ada tiga daerah yang didatangi di Bandung Barat, Kantor Pos Serang dan Kantor Pos Cimahi.

Baca juga : Koordinasi, Bukan Saling Serang

Antusiasme masyarakat tampak jelas dalam setiap kunjungan Mensos. Senyum sumringah, ucapan syukur dan terima kasih hingga tetesan air mata terpancar dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Para KPM ini terdiri dari lansia, buruh bangunan, penjual aci, penjual gorengan, dan masyarakat level bawah lainnya.

Masyarakat dengan level ekonomi bawah adalah yang paling terdampak Covid19. Dalam kondisi normal saja, mereka sudah kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari. Dengan adanya pandemi Covid-19, kondisi mereka tentu semakin memprihatinkan. Maka, bansos dari kemensos merupakan solusi meningkatkan daya beli mereka.

Baca juga : Soal Bansos, Anies Tak Ingin Menyerang Balik

“Kepada para penerima bantuan agar digunakan untuk yang bermanfaat. Nanti pas buka jangan ke warung beli rokok, jangan beli kuota. Tapi beli makanan dan yang penting-penting buat keluarga,” kata Mensos saat berdialog dengan masyarakat penerima bansos di Cimahi, Minggu (10/5).

Dalam kesempatan tersebut, Mensos kembali menekankan pentingnya peran pemerintah daerah (Pemda) dan jajarannya sampai ke level lurah/kepala desa, dan RT/RW untuk mengawasi pemberian bantuan kepada warganya. Mereka yang disebut Juliari paling tahu kondisi warganya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.