Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Awasi Arus Balik, Kemenhub Pelototi Perbatasan Bekasi-Karawang

Selasa, 26 Mei 2020 19:39 WIB
Petugas Kementerian Perhubungan mengecek kendaraan yang lewat KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.
Petugas Kementerian Perhubungan mengecek kendaraan yang lewat KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pengawasan ketat, khususnya untuk transportasi darat setelah Lebaran. Kali ini dilakukan di perbatasan Bekasi-Karawang serta KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengaku akan mulai menerapkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 47 Tahun 2020 yang mengenai poin Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM) Provinsi DKI Jakarta mulai hari ini.

"Jadi harus betul-betul tegas untuk menerapkan kebijakan ini dan juga akan diinstensifkan koordinasi antar instansi untuk menegakkan peraturan," ujarnya di Jakarta, Selasa (26/5).

Baca juga : Tak Mau Kecolongan, Kemenhub Perketat Pengawasan Jelang Idul Fitri

Budi mengajak berbagai unsur mulai dari Polisi, TNI, Kemenhub, dinas perhubungan, dan Satpol PP untuk bersama-sama memperketat pengawasan bagi warga yang akan bepergian antarwilayah.

“Kita atas nama pemerintah harus bersama-sama memberikan arahan kepada masyarakat kalau mereka belum melengkapi persyaratan. Kalau sudah lengkap persyaratannya baru boleh masuk lagi,” katanya.

Budi juga melakukan pantauan di Tol Jakarta-Cikampek KM 47 B arah Jakarta bersama Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Polana B. Pramesti dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani.

Baca juga : Suara Dentuman Misterius Berkali-kali Terdengar di Seputaran Bandung

Dari hasil evaluasi lalu lintas, kata Budi, mulai dari malam cenderung sepi, pagi tadi sempat ada antrean karena ada masyarakat yang melakukan perjalanan jarak pendek dari Bandung yang mau kerja ke Jakarta. 

"Untuk arus balik saya kira masyarakat sudah banyak yang tahu kalau sekarang ada banyak persyaratan yang harus dilengkapi untuk kembali. Jadi kita sedang antisipasi, hari ini sekitar pukul 14.00 WIB tadi dari arah Cikampek juga saya pantau jalanan masih sepi," jelasnya.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan, hingga hari ini belum terlihat lonjakan kendaraan yang tinggi. 

Baca juga : Lewat Video Call, AHY Kembali Serahkan 18.000 Paket Sembako Untuk Warga Karawang

"Tadi pagi saja yang cukup padat jadi kami lihat itu penglaju setelah Lebaran yang kembali tapi cepat kami koordinasikan. Jadi sebagian besar dibuang ke Karawang Barat sebagian diputar balik. Dalam waktu 3,5 jam cair. Kalau kendaraan logistik langsung kami lewatkan (pemeriksaannya) tapi kendaraan kecil kami lakukan pemeriksaan," ungkapnya. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.