Dark/Light Mode

Persiapan The New Normal, Ganjar Blusukan Ke Sekolah

Jumat, 29 Mei 2020 16:43 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) saat mendatangi salah satu sekolah di Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Facebook)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) saat mendatangi salah satu sekolah di Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengimbau orangtua murid tak  khawatir saat sekolah dibuka kembali jika the new normal berlaku di tengah pandemi Covid-19.

Ganjar meminta semua sekolah memerhatikan protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga para siswa dari paparan virus Corona Covid-19.

"Saya kunjungan ke sekolah di Semarang memang sekolah belum siap untuk membuka sekolah. Namun mesti disiapkan dari sekarang. Saya mengingatkan pengurus sekolah memerhatikan protokol kesehatan," ungkapnya melalui  live streaming Instagram dan Facebook Ganjar Pranowo.

Ganjar menyarankan teknis kegiatan belajar mengajar diatur sedemikian rupa. "Misalnya bangku di kelas, satu meja satu orang. Kalau tidak kelas diubah, sehari masuknya dua kali," sebut Ganjar memberi contoh kepada guru di salah satu sekolah di Jawa Tengah.

Baca juga : PT KAI Kaji KenaikanTarif KA Jarak Jauh

Ganjar juga meminta seluruh guru di sekolah memerhatikan kebersihan semua lingkungan sekolah baik di dalam kelas maupuan tempat ibadah.

"Misalnya tempat ibadah, kalau bisa tidak usah pakai karpet. Soalnya kalau pakai karpet siapa aja salat di situ. Jadi dilepas saja, jangan lupa selesai salat lantai langsung di pel ya," saran Politisi PDI Perjuangan ini.

Meski tak bisa memastikan kapan sekolah khususnya di Jawa Tengah dibuka kembali, Ganjar melihat banyak siswa tidak sabar untuk segera masuk sekolah.

"Siswa bilang ke saya ‘Pak Ganjar sudah bosan di rumah kita mau ketemu teman, udah gitu kuota internet sudah abis. Kami ingin sekolah dan ketemu sama teman-teman," ungkap Ganjar menirukan.

Baca juga : Ups.. Puan Berani Nyerang Jokowi Loh

Namun, Ganjar menegaskan, belum ada rencana membuka penerapan hidup baru atau new normal di Jawa Tengah sebelum kurva virus Covid-19 turun drastis.

"Saya tegaskan tidak akan membuka dulu, kami latihan membuka new normal. Nunggu kurvanya menurun dulu. Kalau kurvanya naik turun kami belum mau buka," tegasnya.

Hari ini, Ganjar juga menyempatkan mengunjungi sejumlah sekolah untuk persiapan menyambut the new normal. Dua sekolah yang dikunjungi Ganjar adalah SMPN 15 Semarang dan SMKN 5 Semarang. 

Sambil sepedaan, Ganjar juga keliling perkantoran dan fasilitas kesehatan seperti Puskesmas Gayamsari Semarang dan Kantor Kelurahan Sambiroto.

Baca juga : New Normal Harus Dihentikan, Bila Korban Covid Bertambah

"Sekolah kita siapkan, perkantoran, perusahaan, mall, pasar semuanya kita siapkan bagaimana membuat simulasi mengatur jarak, penerapan protokol kesehatan, ketersediaan sarana prasarana pendukung dan lainnya. Semuanya harus disiapkan, biar masyarakat tidak kaget," pungkas Ganjar. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.