Dark/Light Mode

Saat Rapat Bersama Komite I DPD RI

Menteri Tito: Pilkada Ditunda Pun Tak Ada Jaminan Corona Sudah Hilang

Rabu, 10 Juni 2020 19:21 WIB
Mendagri Tito Karnavian
Mendagri Tito Karnavian

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan rapat kerja dengan Komite I DPD RI. Dalam kesempatan itu, Mendagri berharap Pilkada Serentak 9 Desember 2020 lancar dan aman dari Covid-19. Rapat dilaksanakan secara virtual, Rabu (10/06).

Menurut Tito, keputusan menggelar pilkada pada Desember nanti diambil setelah mendengarkan masukan banyak pihak. Mulai dari Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sampai pendapat ahli internasional dan nasional. 

Baca juga : Kang Emil Serius Hadapi 8 Pilkada Di Provinsi Jabar

“Mereka semua menyatakan, tidak ada jaminan jika pilkada ditunda ke tahun 2021, akan selesai pandemi ini,” jelas Tito. 


Karena itu, mengingat proses demokrasi dan amanat konstitusi untuk menjaga hak suara masyarakat, lanjut Mendagri, maka pemerintah bersama DPR dan penyelenggara pemilu mengambil sikap optimis untuk mengambil keputusan politik menyelenggarakan Pilkada pada 9 Desember 2020. Atau mundur tiga bulan dari jadwal semula 23 September 2020. 

Baca juga : RUU Cipta Kerja Dinilai Lemahkan Pelayanan Haji Dan Umroh

Keputusan ini diambil dengan syarat, bahwa pelaksanaan akan dilakukan dengan prosedur penerapan protokol kesehatan yang ketat. Karena itu, jelas Tito, sudah disepakati juga bersama Komisi II DPR soal kebutuhan anggaran untuk pengamanan, atau proteksi untuk penyelenggara atau pemilih.

Dengan demikian, pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pilkada yang tertunda, akan kembali dilaksanakan pada 15 Juni 2020. Setiap tahapan tersebut akan dilaksanakan sesuai penerapan protokol kesehatan yang ketat, atas koordinasi dengan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

Baca juga : Komite I DPD Minta RUU Cipta Kerja Ditunda Tanpa Batas Waktu

Mendagri juga menegaskan, pelaksanaan pesta demokrasi di tengah pandemi, bukan menjadi halangan ataupun menghambat proses demokrasi di tingkat daerah. Sebaliknya, pandemi Covid-19 merupakan ujian kepemimpinan bagi kepala daerah untuk dapat menyelenggarakan Pilkada secara lancar dan aman dari Covid-19. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.