Dark/Light Mode

Sudah Di Istana Lagi

Pulang Dari Rusia, Jenderal Prabowo Sudah Di-Swab Lho

Kamis, 2 Juli 2020 06:53 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) dan Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Kolonel General Alexander Fomin saat kunjungan Menhan ke Rusia, pekan lalu. (Foto: Kemhan RI)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) dan Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Kolonel General Alexander Fomin saat kunjungan Menhan ke Rusia, pekan lalu. (Foto: Kemhan RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ikut merayakan HUT Bhayangkara ke-74 yang digelar secara virtual dari di Istana Negara, kemarin. Badannya tegap. Bugar. Ketua Umum Gerindra itu tak terlihat kecapean padahal belum lama ini baru pulang dari Rusia.

Awal pekan lalu, Prabowo terbang ke Rusia untuk menghadiri peringatan ulang tahun ke-75 kemenangan Rusia. Di sana, dia bertemu, Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Kolonel General Alexander Fomin dan para perwakilan negara lain.

Kemarin, Prabowo sudah terlihat lagi di Istana Negara untuk menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74. Mantan Danjen Kopassus itu berdiri di samping Menkopolhukam Mahfud MD. Dia juga terlihat bercakap-cakap dengan Presiden Jokowi. Sebelum muncul di Istana, Prabowo juga sudah melakukan banyak aktivitas.

Hal itu terlihat dari instagramnya Sufmi Dasco, Wakil Ketua Umum Gerindra yang juga menjabat Wakil Ketua DPR. Dasco pamerin foto Prabowo di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan. “Bhinneka Tunggal Ika,” tulis Dasco, sepekan lalu.

Baca juga : Puan Dicap Bukan Stempel Pemerintah

Dalam foto itu, ada juga Wamenhan Wahyu Sakti Trenggono. Mereka duduk melingkar. Dasco kembali mengunggah pertemuannya dengan Prabowo, sekitar 3 hari lalu. Dalam pertemuan itu, turut dihadiri keponakan Prabowo. “Bersama calon pimpinan kota Tangerang Selatan Rahayu Saraswati di kediaman Pak Prabowo,” postingnya.

Kapan Prabowo tiba di Jakarta setelah dinas ke Rusia? “Kamis pekan lalu,” jawab Dasco, singkat, saat dikonfirmasi, kemarin. Artinya, jika dihitung per Kamis hari ini, Prabowo baru 7 hari tiba di Indonesia.

Ketika ditanyakan bagaimana protokol kesehatan yang dijalankan Prabowo saat ke Rusia dan tiba di Tanah Air, Dasco memastikan Prabowo aman. “Protokol kesehatan, kita mesti jaga,” tegasnya.

Lagi pula, kata dia, Prabowo terbang ke Rusia menggunakan pesawat pribadi. Bukan komersil. “Sebelumnya swab dilakukan. Pulang swab lagi,” rinci Dasco.

Baca juga : Menteri Malaysia Mendahului Kita

Sekarang, kata dia, untuk men dapatkan hasil swab, tidak butuh lagi waktu berhari'hari. Cukup 3 sampai 4 jam saja sudah ketahuan hasilnya. “Kan akurat,” tegas politisi Gerindra yang berhasil sembuh dari virus corona ini.

Sejumlah petinggi Gugus Tugas enggan merespons, soal protokol kesehatan untuk pejabat negara yang bepergian keluar negeri ini. “Mohon maaf Mas, saya tidak bisa hari ini,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional, Prof Wiku Adisasmito tadi malam.

Jika merujuk Surat Edaran (SE) Nomor 9 Tahun 2020, perubahan SE Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid19, karantina masih diwajibkan khususnya bagi yang baru datang dari luar negeri. Aturan terbaru ini diterbitkan Jumat (26/6).

Kewajiban melaksanakan karantina itu tercantum dalam huruf F, angka 3, poin b dan c. Namun, tidak disebutkan masa karantina harus 14 hari sebelumnya.

Baca juga : Mulai 15 Maret, Singapura Larang Masuk dan Transit Pengunjung Dari Italia, Jerman, Spanyol dan Prancis

Di Twitter, kemunculan Prabowo di Istana tidak lama setelah pulang dari Rusia jadi tanda tanya. “Pulang dari Rusia, Pak Prabowo udah karantina belum tuh?” tanya @AlsNugrahaa. “Tiati, jaga jarak Pak Presiden. Pak Menhan kan baru mendarat dari luar negeri,” ingat @fathurdoaibu.

Akun @Erik_Alfredo5 juga cemas, Presiden pada hari itu sempat terlihat tidak menggunakan masker dalam acara tersebut. “Kenapa Jokowi tidak pakai masker,” tanya dia.

“Karena dia presiden udah terjamin di istana memakai protokol kesehatan yang ketat. Seperti itu mungkin,” tulis @ SalamYayang, meyakinkan. Akun @rakyat_biasa12 malah takjub melihat pergerakan Prabowo, yang baru pulang dari luar negeri. “Wah, baru dari rusia pak prabowo udah di istana lagi lho,” cuitnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.