Dark/Light Mode

Bisa Tingkatkan Hasil Pertanian

Karolin Minta Petani Manfaatkan Lahan Tidur

Kamis, 6 Agustus 2020 21:02 WIB
Bupati Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Karolin Margret Natasa. (Foto: gesuri.id)
Bupati Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Karolin Margret Natasa. (Foto: gesuri.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petani Kabupaten Landak, Kalimantan Barat diajak memanfaatkan lahan tidur sebagai lahan pertanian, demi meningkatkan hasil pertanian. Ajakan ini disampaikan Bupati Landak, Karolin Margret Natasa.

"Ke depan, kita fungsikan lahan-lahan yang mengaggur di sekitaran kita. Agar dapat dijadikan sumber pendapatan bapak dan ibu. Jika ada lahan yang menganggur dan bisa kita manfaatkan untuk lahan pertanian. Jika ada keluhan dan kesulitan, bisa sama-sama kita carikan solusinya," kata Karolin di Kecamatan Ngabang, Landak, Kamis (6/8).

Baca juga : Kementerian PUPR Dorong Pembangunan Rusun Ponpes di Provinsi Riau

Dia menuturkan, untuk memaksimalkan potensi pertanian di kabupaten itu, Pemkab Landak telah memberikan benih padi dan alat mesin pertanian (alsintan) kepada para petani.

Benih padi yang diberikan untuk petani di Landak ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Total bantuan benih, ada sebanyak 832 ton. Sementara bantuan alsintan, merupakan program bantuan Bupati Landak kepada para petani.

Baca juga : Inilah 5 Arahan Presiden Jokowi

Benih padi yang diberikan ini merupakan benih padi untuk lahan sawah dan lahan kering. Meliputi Desa Rasan sebanyak 4,5 ton, Desa Sungai Kelik sebanyak 3,8 ton, Desa Mu’un sebanyak 4,5 ton dan Desa Mungguk sebanyak 4,25 ton.

Karolin mengatakan, bantuan benih padi yang diberikan ini agar segera dimanfaatkan. Dengan cara melakukan penanaman, yang saat ini sudah memasuki masuk masa tanam padi.

Baca juga : Provident Agro Mampu Naikkan Laba Bersih 142 Persen

"Tolong ditanam dengan baik. Bila bantuan benih ini tidak ditanam, ke depan kita akan susah mendapatkan bantuan lagi dari pemerintah pusat. Makanya, saya turun langsung ke lapangan. Untuk memastikan bantuan ini sampai ke tangan bapak dan ibu petani," katanya. (SSL)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.