Dark/Light Mode

Belanja Produk UMKM Dalam Negeri Lewat Transaksi Non Cash, Bakal Dapat Cashback Maksimal Rp 750 Ribu

Jumat, 7 Agustus 2020 22:26 WIB
Belanja Produk UMKM Dalam Negeri Lewat Transaksi Non Cash, Bakal Dapat Cashback Maksimal Rp 750 Ribu

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan memberikan stimulus tambahan berupa cashback bagi konsumen yang yang berbelanja produk dalam negeri buatan usaha mikro, kecil dan menengah, serta industri kecil dan menengah (UMKM dan IKM).

Lewat akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Jumat (7/8), Luhut mengatakan program stimulus yang merupakan hasil rapat koordinasi Gerakan #BanggaBuatanIndonesia bersama jajaran K/L terkait, akan diluncurkan pada 17 Agustus mendatang.

Berita Terkait : Kali ini, Luhut Sehati Dengan Rakyat

 "Program ini nantinya akan memberikan potongan berupa cashback maksimal hingga Rp 750 ribu per konsumen. Jadi, total stimulus bagi masyarakat yang disiapkan ini akan berjumlah sebesar Rp 7,6 triliun," katanya.

Luhut menilai, program tersebut merupakan kesempatan edukasi kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk masuk ke era digital.

Berita Terkait : Menko Luhut Apresiasi Pertamina Sukses PLBC dan TKDN RDMP Cilacap

Stimulus itu juga diperuntukkan bagi para konsumen yang berbelanja lewat transaksi nontunai via bank, ataupun dompet digital. Syaratnya, wajib belanja produk UMKM dalam negeri, bukan produk buatan luar negeri, lewat seluruh platform ekonomi digital yang sudah dikenal di Indonesia.

"Saya tekankan kepada jajaran kementerian terkait untuk benar-benar memperhatikan hal ini. Karena sejalan dengan harapan Presiden Jokowi, agar daya beli masyarakat bisa kembali bergerak terhadap produk lokal. Sehingga bisa berdampak terhadap perbaikan roda perekonomian Indonesia," katanya.

Baca Juga : Jimly: Angkat Evi Novida Kembali Jadi Anggota KPU dan Pulihkan Nama Baiknya

Luhut berharap, program stimulus tambahan itu akan membawa optimisme yang memberikan efek domino. Baik dalam penciptaan dan inovasi produk-produk dalam negeri.

"Dengan demikian, akan tumbuh usaha-usaha baru dan tercipta banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Seperti harapan seluruh masyarakat Indonesia di momen peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun ini, Indonesia Maju," pungkas Luhut. [OKT]