Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Belanja Produk UMKM Dalam Negeri Lewat Transaksi Non Cash, Bakal Dapat Cashback Maksimal Rp 750 Ribu

Jumat, 7 Agustus 2020 22:26 WIB
Belanja Produk UMKM Dalam Negeri Lewat Transaksi Non Cash, Bakal Dapat Cashback Maksimal Rp 750 Ribu

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan memberikan stimulus tambahan berupa cashback bagi konsumen yang yang berbelanja produk dalam negeri buatan usaha mikro, kecil dan menengah, serta industri kecil dan menengah (UMKM dan IKM).

Lewat akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Jumat (7/8), Luhut mengatakan program stimulus yang merupakan hasil rapat koordinasi Gerakan #BanggaBuatanIndonesia bersama jajaran K/L terkait, akan diluncurkan pada 17 Agustus mendatang.

Baca juga : Awas, Nggak Pakai Masker Didenda Rp 250 Ribu

 "Program ini nantinya akan memberikan potongan berupa cashback maksimal hingga Rp 750 ribu per konsumen. Jadi, total stimulus bagi masyarakat yang disiapkan ini akan berjumlah sebesar Rp 7,6 triliun," katanya.

Luhut menilai, program tersebut merupakan kesempatan edukasi kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk masuk ke era digital.

Baca juga : Balitbangtan Terapkan Teknologi Panen Dan Hemat Air Di Yogyakarta

Stimulus itu juga diperuntukkan bagi para konsumen yang berbelanja lewat transaksi nontunai via bank, ataupun dompet digital. Syaratnya, wajib belanja produk UMKM dalam negeri, bukan produk buatan luar negeri, lewat seluruh platform ekonomi digital yang sudah dikenal di Indonesia.

"Saya tekankan kepada jajaran kementerian terkait untuk benar-benar memperhatikan hal ini. Karena sejalan dengan harapan Presiden Jokowi, agar daya beli masyarakat bisa kembali bergerak terhadap produk lokal. Sehingga bisa berdampak terhadap perbaikan roda perekonomian Indonesia," katanya.

Baca juga : Kementan Ajak Pelaku Usaha Peternakan Komitmen Gencarkan Kemitraan

Luhut berharap, program stimulus tambahan itu akan membawa optimisme yang memberikan efek domino. Baik dalam penciptaan dan inovasi produk-produk dalam negeri.

"Dengan demikian, akan tumbuh usaha-usaha baru dan tercipta banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Seperti harapan seluruh masyarakat Indonesia di momen peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun ini, Indonesia Maju," pungkas Luhut. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.