Dark/Light Mode

Warning Menteri Syafruddin

Awas, Korpri Harus Netral

Kamis, 28 Februari 2019 08:46 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Syafruddin saat memberi arahan pada Rakernas Korpri  di BPSDM Kemendagri, Jakarta, Rabu (27/2). (Foto : twitter @kempanrb)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Syafruddin saat memberi arahan pada Rakernas Korpri di BPSDM Kemendagri, Jakarta, Rabu (27/2). (Foto : twitter @kempanrb)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tergabung dalam Korpri untuk tetap menjaga netralitasnya jelang pemilu.

Organisasi yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, pegawai BUMN, BUMD, dan perangkat Pemerintah Desa itu diminta untuk loyal kepada negara dengan fokus menjalankan tugas. “Semua pegawai negeri harus tegak lurus loyal kepada negara dan tidak terpecah belah oleh perbedaan politik. Tetap fokus untuk menjalankan roda pemerintahan negara. Sebab ASN tidak punya hak dipilih tetapi memiliki hak untuk memilih,” kata Menteri Syafruddin saat memberi arahan pada Rakernas Korpri di BPSDM Kemendagri, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Duh, Reorganisasi LIPI Bikin Gaduh

Banyak aturan yang mengatur ASN untuk tidak melakukan politik praktis. Sebab pemerintah silih berganti sedangkan negara tidak pernah berubah dan berganti. “Kita sebagai anak bangsa terus berjuang mempertahankan dan menjaga keutuhan negara,” ucap Syafruddin.

Terkait dengan tantangan yang akan dihadapi Indonesia yaitu mewujudkan Visi Indonesia 2045 dan melampaui Tantangan Revolusi Industri 4.0, pemerintah mulai fokus mengembangkan pembangunan manusia. Karena itu, lebih baik fokus pada pengembangan kualitas dalam menghadapi perubahan itu. Sebab ke depan, kata Syafruddin, dibutuhkan Smart ASN yang mampu berkarya optimal dalam komunitas super smart society.

Baca juga : Hari Ini, Merapi Keluarkan 6 Awan Panas Wedhus Gembel

Maka perlu dilakukan transformasi Korpri menuju organisasi profesi yang profesional dan mandiri. Guna mendorong ASN berkualitas, profesional, berdaya saing tinggi agar terwujud birokrasi berkelas dunia 2024. “ Transformasi SDM Korpri membutuhkan pelibatan tenaga profesional agar pengelolaan lebih mandiri dan profesional,” tutur Syafruddin.

Untuk menghadapi perubahan tersebut, Korpri tidak bisa hanya berdiam diri dan berpangku tangan saja. Ia berharap Rakornas ini dapat merumuskan program kerja, kegiatan, target secara detil dan dapat dilaksanakan dari pusat hingga daerah. Acara Rakernas Korpri ini dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, yang ditandai dengan pemukulan gong.

Baca juga : Agar Berdaya Saing, Industri Migas Harus Tekan Biaya Operasional

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengapresiasi kinerja ASN, Ia pun menyebut PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang juga merupakan anggota Korpri merupakan orang-orang yang intelektual yang mampu bekerja maksimal dalam melayani masyarakat. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.