Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ditjen Hortikultura Gelar Rapid Test Guna Cegah Penyebaran Covid-19

Rabu, 26 Agustus 2020 12:43 WIB
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto saat menjalani Rapid Test di Jakarta, Selasa (25/8)/Ist
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto saat menjalani Rapid Test di Jakarta, Selasa (25/8)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) langsung tanggap terhadap hasil temuan sejumlah pegawai di Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang terkonfirmasi positif Covid-19.  Seluruh pegawai difasilitasi Rapid Test untuk mengetahui kondisi awal apakah ada indikasi reaktif atau nonreaktif terhadap virus. Ini dinilai penting guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Ini salah satu arahan Menteri Pertanian untuk melakukan langkah preventif dengan melakukan rapid test,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto saat berada di Klinik Ditjen Hortikultura, Selasa (25/8).

Dirinya bersyukur, dari tes yang dilakukan hasilnya nonreaktif. Meski demikian, apabila terdapat temuan pegawai yang reaktif, akan ditindaklanjuti dengan pemberlakuan isolasi mandiri dan tes swab.

Baca juga : Hortikultura Sebagai Pilar Pendukung Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid-19

“Kami akan lakukan langkah preventif agar pegawai yang reaktif tersebut melakukan isolasi mandiri dan meningkatkan kesehatannya selama pemulihan,” lanjut Prihasto.

Dirjen yang terkenal dengan mobilitas tinggi ini memberikan tips seputar menjaga kesehatan selama masa pandemi.

“Tentunya kita harus tetap beraktivitas. Caranya, kita patuh protokol kesehatan yakni menggunakan masker, sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan tak lupa mengkonsumsi suplemen. Terpenting adalah selalu makan buah dan sayur setiap hari sebagai asupan alami untuk menjaga imunitas tubuh,” paparnya.

Baca juga : Bersepeda Tetap Aman ditengah Pandemi Covid-19

Ditanya tentang kalung anti Covid-19, Dirjen yang tengah fokus melakukan pengembangan Food Estate di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara serta di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau Kalimantan Tengah ini menyiratkan dengan jelas bahwa protokol kesehatan tetaplah utama. Menurutnya hal  terpenting yg perlu dilakukan adalah menjaga diri agar tetap sehat, makan makanan bergizi, pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan. 

Sekretaris Ditjen Hortikultura Retno Sri Hartati Mulyandari juga turut melakukan rapid test dan hasilnya pun nonreaktif. Apabila ada pegawai yang terdata reaktif, akan dilakukan pengetesan lanjutan dengan swab test. Menurutnya, kegiatan pengetesan ini akan dilakukan secara periodik.

“Alhamdulillah hasilnya non reaktif dan semoga teman-teman semua Tim Ditjenhorti juga nonreaktif. Nonreaktif bukan berarti sudah aman, kita harus tetap   memperhatikan protokol kesehatan  jaga jarak, gunakan masker, dan sering cuci tangan. Hal terpenting adalah selalu menjaga kesehatan, di mana pun dan kapan pun,” ujarnya.

Baca juga : Angkasa Pura II Sukses Gairahkan Penerbangan Saat Covid-19

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri juga menjelaskan bahwa tidak ada lockdown seperti pemberitaan di media. Penutupan sementara hanya terjadi di Gedung C untuk memberikan waktu Satgas Covid-19 untuk melakukan desinfeksi total ke seluruh ruangan. Sementara, gedung lainnya tetap operasional seperti biasa. Pembangunan pertanian, ungkap Kuntoro, tidak boleh berhenti. Apalagi sektor pertanian saat ini menjadi penopang bagi perekonomian nasional.

“Kami tetap ke lapangan, melayani petani, peternak dan masyarakat yang butuh dukungan Kementan meski saat ini masih pandemi. Pastinya, setiap ke lapangan kami dites secara rutin,” pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.