Dark/Light Mode

Ini Kuncinya Jika Ingin Perekonomian Cepat Pulih

Menko Airlangga: Jangan Kendor Gunakan Masker

Senin, 31 Agustus 2020 06:48 WIB
Kampanye Nasional Memakai Masker di Senayan, Jakarta, Minggu (30/8). (Foto: Twitter @airlangga_hrt)
Kampanye Nasional Memakai Masker di Senayan, Jakarta, Minggu (30/8). (Foto: Twitter @airlangga_hrt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat sudah saatnya disiplin menggunakan masker. Sebab, hal itu tidak hanya menjadi kunci untuk menghentikan penularan virus corona tetapi juga mempercepat pemulihan ekonomi.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, penggunaan masker merupakan cara yang sederhana dan paling efektif untuk mencegah penularan Covid-19

Baca juga : Menko Polhukam: Jangan Berspekulasi Terlalu Jauh

“Jika seseorang telah menjadi carrier Covid-19, dengan menggunakan masker, dapat mencegah agar tidak menulari orang lain. Jika seseorang bukan carrier, akan terlindungi agar tidak tertular Covid-19. Maka, tepat sekali dengan slogan: Maskermu Melindungi Aku dan Maskerku Melindungi Kamu,” ungkap Airlangga saat Kampanye Nasional Memakai Masker di Senayan, Jakarta, kemarin. 

Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) berharap, melalui kampanye ini dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker. Dia mengajak masyarakat membiasakan disiplin menggunakan masker yang dimulai dari diri sendiri. 

Baca juga : Ini Upaya PGN Tekan Penyebaran Corona Di Lingkungan Kerja

Menurutnya, pencegahan penularan corona menjadi kunci utama pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi ini. Karena, bila kesehatan pulih, ekonomi akan cepat pulih, bangkit. “Ayo pakai masker, jangan kendor! Disiplin pakai masker!” ajaknya. 

Acara Kampanye Nasional Memakai Masker dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan sejumlah pejabat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dalam acara ini dibagikan 22.500 masker dari Kemenko Perekonomian dan 20.000 masker dari Kemenkes kepada masyarakat umum yang sedang beraktivitas olahraga di Kawasan GBK. Acara kampanye ini merupakan pelaksanaan dari arahan Presiden Jokowi yang mengharapkan ada peningkatan kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker. 

Baca juga : Ketum Golkar Airlangga Pecut Semangat Kader Menangkan Pilkada Serentak

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi meyakinkan penggunaan masker merupakan salah satu cara penting untuk mencegah penularan. Terutama jika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di pasar, stasiun, kendaraan umum dan tempat-tempat umum lainnya. 

Dia menjelaskan, Covid-19 umumnya menular melalui cairan tubuh yang keluar dari hidung atau mulut seseorang yang terinfeksi. “Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, batuk atau bersin,” ujar Oscar. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.