Dark/Light Mode

Lembaga Profesi Insinyur Kehutanan Perlu Dipercepat

Sabtu, 12 September 2020 10:30 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutann (LHK) Siti Nurbaya
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutann (LHK) Siti Nurbaya

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutann (LHK) Siti Nurbaya Bakar meyakini, bahwa intelektual power dan moral power adalah kunci dalam menjaga sumber daya alam.

Siti pun mendorong  kelembagaan program profesi insinyur kehutanan  bisa segera dibentuk.   

Hal itu disampaikan Siti di acara Lokakarya Penguatan Peran Para Pihak dalam Implementasi Insinyur Profesional Kehutanan dalam rangka Kongres Forum Pimpinan Lembaga Pendidikan Tinggi Kehutanan Indonesia (FOReTIKA) 2020 yang dilakukan secara virtual, Kamis (10/9).

Baca juga : Pengembangan Korporasi Kedelai Di Grobogan Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Dalam kesempatan itu,  Siti mengatakan, pentingnya membangun profesionalitas anak bangsa atas dasar kebutuhan kemandirian ekonomi yang didalamnya terdapat peran penting insinyur profesional.

“Semua orang memiliki peran mengembangkan instrumen dan teknologi untuk membuat Indonesia Maju untuk shape the future,” ucap Siti.   

Menteri dua periode ini juga menegaskan, bahwa upaya pelembagaan profesi insinyur hayati, khususnya kehutanan perlu dipercepat dan menjadi perhatian secara sungguh-sungguh. 

Baca juga : Profesor Indonesia Raih Penghargaan Dosen Terbaik di Jerman

Hal ini sesuai amanat Undang undang Dasar 1945  Pasal 33 bahwa Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat . 

Dalam forum virtual tersebut, Siti menyampaikan, Kementerian LHK memiliki sasaran strategis dalam menjaga kualitas lingkungan hidup, yakni  meningkatkan daya dukung lingkungan, ketahanan air, dan kesehatan masyarakat, memanfaatkan potensi sumber daya hutan dan lingkungan hutan  untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, menurut Siti, untuk mendukung sasaran strategis tersebut, dibutuhkan Sumber Daya Manusia  (SDM)  profesional yang menguasai pengetahuan dan teknologi di bidang kehutanan . 

Baca juga : Aneksasi Israel Jalan Terus, Hamas-Fatah Merapat

“Pemerintah mendukung kiprah profesi insinyur Indonesia  untuk percepatan akselerasi  membangun SDM yang kompeten dan profesional dalam  mewujudkan Indonesia Maju,” pungkasnya. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.