Dark/Light Mode

Kemenkumham Bangun Zona Integritas Ditubuh Satker

Sabtu, 19 September 2020 02:05 WIB
Pertemuan penguatan pelaksanaan Zona Integritas (ZI) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Bali, dan Maluku serta Maluku Utara (Malut) secara virtual, di Sanur, Bali, Jumat (19/9).
Pertemuan penguatan pelaksanaan Zona Integritas (ZI) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Bali, dan Maluku serta Maluku Utara (Malut) secara virtual, di Sanur, Bali, Jumat (19/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar pertemuan penguatan pelaksanaan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Bali, dan Maluku serta Maluku Utara (Malut) secara virtual, di Sanur, Bali. 
 
Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto memberikan tiga kunci dasar supaya setiap unit kerja Satker menjadi bersih, berintegritas, berkinerja tinggi, dan bebas dari korupsi.  Tiga kunci tersebut, Yakni integritas, kinerja, dan pelayanan publik. 

“Harus ada perubahan integritas, kinerja, dan pelayanan. Itu yang harus menjadi dasar kita semua,"kata Bambang saat memberikan penguatan pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Bali, dan Maluku serta Maluku Utara (Malut) secara virtual, di Sanur, Bali, Jumat (19/9).

Kegiatan ini merupakan bentuk capaian Kemenkumham untuk mewujudkan Satker menuju WBK/WBBM.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Langkah Strategi Atasi Stunting

Pencapaian menuju WBK/WBBM merupakan salah satu implementasi dalam peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat dan birokrasi yang bebas dari tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Dalam pembangunan ZI, Kanwil Kemenkumham Bali, Maluku dan Maluku Utara telah mengusulkan masing-masing satkernya untuk dilakukan penilaian oleh Tim Penilai Internal (TPI). 

Tercatat, jumlah unit kerja Kanwil Kemenkumham Bali, ada 24 satker, dengan 19 di antaranya diusulkan dari Kanwil kepada TPI Kemenkumham.  

Baca juga : Menteri Edhy Semoga Cepat Sembuh Ya...

Lalu, 15 satker berhasil diusulkan TPI kepada Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Sementara dari Kanwil Kemenkumham Maluku, diusulkan 20 dari 21 Satker yang ada atau sekitar 95,24 persen. TPI kemudian meloloskan 61,90 persen di antaranya atau 13 Satker. 

Terakhir, Kanwil Kemenkumham Maluku Utara mengusulkan 15 dari 16 Satker yang ada (93,75 persen), namun yang berhasil lolos ke TPN hanya satu Satker (6,25 persen).

Baca juga : Kejagung Periksa 2 Tersangka Korupsi Danareksa Sekuritas Di Kuningan

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manuhuruk mengatakan, bahwa Kanwil Bali, Maluku, dan Maluku Utara terus berusaha menjadikan setiap unit kerja menjadi bersih, berintegritas, berkinerja tinggi, dan bebas dari korupsi.

“Kami terus mengupayakan perbaikan membangun program integritas yang berkesinambungan, dengan mewujudkan budaya kerja yang bebas dari korupsi, serta mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani,” katanya saat membacakan laporan pelaksanaan kegiatan yang juga mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku dan Maluku Utara. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.