Dark/Light Mode

Dongkrak Imunitas, KKP Anjurkan Makan Ikan Minimal 300 Gram Per Minggu

Sabtu, 26 September 2020 11:38 WIB
Dongkrak Imunitas, KKP Anjurkan Makan Ikan Minimal 300 Gram Per Minggu

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggenjot Program Gemar Makan Ikan (Gemarikan) di masa pandemi Covid-19.

Program yang telah diluncurkan sejak tahun 2004 itu, diyakini mampu mendongkrak imunitas atau daya tahan tubuh terhadap virus penyebab Covid-19.

"Saat ini program Gemarikan sudah diperluas  untuk mendukung program prioritas nasional lainnya seperti program percepatan penurunan stunting, penanganan darurat bencana dan penanganan dampak Covid-19," kata Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Machmud dalam keterangan resminya, Sabtu (26/9).

Baca juga : Gandeng BRI, PGN Mudahkan Pembayaran Tagihan Gas Pelanggan

Dalam rangka penanganan dampak Covid-19, pemerintah menyerahkan 58 ribu paket produk perikanan kepada masyarakat terdampak di 116 kabupaten/kota, yang dilaksanakan bersama mitra kerja Komisi IV DPR sertanDinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota/Provinsi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan asupan gizi bagi masyarakat terdampak. Sekaligus menyerap produk UMKM di sekitar lokasi kegiatan, dalam rangka mendukung keberlanjutan usaha di tengah pandemi Covid-19," jelas Mahmud.

Terkait hal ini, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Indonesia (Forikan) Djoko Maryono menilai, mengonsumsi ikan banyak manfaatnya. Terlebih di masa pandemi Covid-19. Masyarakat disarankan mengonsumsi ikan minimal 300 gram dalam seminggu, untuk meningkatkan imunitas.

Baca juga : Pengaruh Komunikasi Generasi Milenial, Dalam Membangun Bangsa

"Yang sangat penting pada masa pandemi ini adalah Omega 9. Karena dapat mencegah dan mengurangi inflamasi atau peradangan yang disebabkan oleh virus corona," jelas Djoko.

Sementara itu, Guru Besar Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah mengungkap manfaat konsumsi ikan dan hasil laut untuk meningkatkan imunitas. Menurutnya, faktor yang mempengaruhi imunitas tubuh,  70-80 persen ditentukan oleh organ-organ pencernaan.

Kandungan gizi ikan dan vitamin dalam daging ikan, sangat lengkap. Mulai dari vitamin A, B6, B9, B12,C, D dan vitamin E. Vitamin D bahkan dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang dikombinasikan dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Baca juga : Ini Kisah Dan Tantangan Ibu Milenial Saat Menyusui

"Selain vitamin dan mineral, kandungan asam lemak pada ikan turut berperan dalam imunitas. Karena mampu menggeser mikroba jahat di dalam tubuh, menjadi mikroba baik yang diperlukan dalam pembentukan sel-sel imunitas tubuh,” jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.