Dark/Light Mode

Tim Taskforce Sumut Nakes Wajib Test Swab 2 Minggu Sekali

Rabu, 7 Oktober 2020 18:25 WIB
Ketua Tim Taskforce Sumut Brigjen TNI (Purn) Alexander Kaliaga Ginting meninjau RSUP Adam Malik.
Ketua Tim Taskforce Sumut Brigjen TNI (Purn) Alexander Kaliaga Ginting meninjau RSUP Adam Malik.

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan Kemenkes yang juga Ketua Tim Taskforce Sumut Brigjen TNI (Purn) Alexander Kaliaga Ginting Suka melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa rumah sakit di Sumut Selasa (6/10).

Salah satunya, RSUP Adam Malik yang merupakan RS Vertikal dari Kementerian Kesehatan. Angka kematian dokter dan tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit ini cukup tinggi.

"Pemerintah menganjurkan agar dokter dan nakes yang kontak langsung dengan pasien positif dapat di swab 2 minggu sekali, " kata Alex saat memberikan arahan di RSUP H. Adam Malik, Medan, Selasa (6/10).

Baca juga : Diduga Peras 63 Kepsek Riau, 3 Jaksa Jadi Tersangka

Menurut data, kasus positif pertama dan meninggal tenaga kesehatan ada di RSUP Adam Malik. 

Untuk itu, kehadiran dan perhatian Pemerintah kepada dokter dan nakes harus ditingkatkan. Selain melaksanakan swab berkala, pemerintah juga harus memberikan asupan makanan tambahan, gizi dan suplemen serta tempat tinggal sementara untuk mereka.

"Tolong siapkan hotel atau ruangan isolasi untuk para tenaga kesehatan, karena mereka terpapar secara langsung. Hal ini juga untuk melindungi keluarga mereka di rumah agar tidak terpapar," ujarnya.

Baca juga : Tinggal Diteken Jokowi, Gaji Ke-13 Cair Minggu Depan

Lebih lanjut, Alex menyampaikan, bahwa saat ini perhatian kepada nakes menjadi prioritas dari pemerintah, karena nakes berada di garda terdepan yang langsung berhadapan dengan Covid-19 dan menjaga masyarakat agar tetap sehat.

Hal ini dilakukan jangan sampai ada dokter atau nakes yang gugur lagi. Untuk itu, diharapkan RSUP Adam Malik bisa melaksanakan apa yang disarankan dengan terus menerapkan seluruh protokol-protokol kesehatan yang ada.

"Nakes harus selalu sehat, agar selalu bisa menyehatkan masyarakat," tegas Alex.

Baca juga : Biar Lancar Ngomong Indonesia, Bos Baru Fuso Kursus Dua Minggu Sekali

Selain menyoroti permasalahan gugurnya para nakes, Alex juga menekankan bahwa RSUP Adam Malik merupakan RS vertikal  dan menjadi barometer dalam penanganan Covid-19.

Anggota Tim Task Force Kementerian Kesehatan, Asral menambahkan pentingnya memahami protokol kesehatan. Tim Task Force akan melakukan pendampingan, sosialisasi dan workshop agar RS bisa menerapkan protokol kesehatan, ditambah saat ini penerapan revisi lima dinilai masih belum maksimal, karena masih banyak yang mengacu pada revisi. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.