Dark/Light Mode

Bangun Food Estate, Jokowi Pakai Drone Hingga Traktor Apung

Kamis, 8 Oktober 2020 13:28 WIB
Presiden Jokowi memberikan keterangan soal food estate di Kalimantan Tengah, Kamis (8/10). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi memberikan keterangan soal food estate di Kalimantan Tengah, Kamis (8/10). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah sangat serius mengembangkan Kalimantan Tengah (Kalteng) jadi food estate atau lumbung pangan. Untuk tahun ini ada 30 ribu hektare yang akan digarap menjadi food estate.

Hal tersebut dikatakan Presiden Jokowi  saat meninjau food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (8/10). Pada kunjungan ini, eks Wali Kota Solo ini didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan pejabat terkait lainnya.

Baca juga : Telkom Bangun Desa Digital Di Jawa Barat Dan Jawa Tengah

Selaim meninjau lumbung pangan, Jokowi juga melihat penanaman padi, keramba ikan, serta peternakan bebek, yang terletak di Kecamatan Pandih Batu. 

Jokowi menjelaskan, 30 ribu ha lahan tersebut 10 ribu ha di Kabupaten Pulang Pisau dan 20 ribu ha di Kabupaten Kapuas.

Baca juga : Food Estate Di Sumut Tidak Turunkan Kualitas Lingkungan

Menurut Jokowi, food estate tidak hanya akan ditanami padi saja. Di pinggirnya ditanam jeruk, ada lagi di pinggir di sisi ini ada bawang merah dan kelapa. 

“Karena airnya melimpah tersedia di kabupaten Pulang Pisau, maka juga akan dimulai budi daya ikan di keramba,” ujarnya.

Baca juga : Jokowi Trending Topic

Jokowi juga menekankan, dibutuhkan mekanisasi alat-alat modern untuk dapat mencapai kecepatan yang diinginkan. "Seperti yang kita lihat di sini tadi misalnya untuk pemupukan kita pakai drone, membajak sawah kita memakai traktor apung, ini traktor khusus. Saya tanya tadi 1 hari bisa berapa hektare? operator traktor menjawab 2 hektare,” ujarnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.