Dark/Light Mode

3 Miliar Orang Tidak Punya Sarana CTPS

Menkes: Tangan Yang Bersih Selamatkan Kita Dari Corona

Jumat, 16 Oktober 2020 05:52 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. (Istimewa)
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. (Istimewa)

 Sebelumnya 
Hal ini perlu didukung oleh seluruh kementerian dan lembaga guna memperbanyak ketersediaan fasilitas cuci tangan pakai sabun di semua tempat.

Namun, Kirana mengatakan, akses ke fasilitas CTPS hanya berguna jika disertai dengan perilaku ketika mencuci secara teratur di semua waktu kritis, dan mencuci tangan dengan benar.

Baca juga : Setelah Karantina 2 Minggu, Bupati Manokwari Selatan Sembuh Dari Corona

“Kebersihan tangan sangat penting untuk menjaga anak-anak kita, guru, dokter, tenaga kesehatan, pekerja dan masyarakat secara umum agar aman dari Covid-19 dan penyakit menular lainnya,” jelasnya.

Adapun menteri yang ikut berpartisipasi dalam Seruan Aksi Nasional Tangan Bersih untuk Semua, antara lain Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Baca juga : KPK Tahan Eks Kabid Pengadaan dan Pengembangan BKD Subang Heri Tantam Sumaryana

Para menteri mengajak semua pemangku kepentingan di kantor kementerian dan juga mitra pembangunan serta pengambil keputusan, untuk membantu kampanye cuci tangan pakai sabun di ruang lingkup kerja masing-masing.

Di masa pandemi, pemerintah juga mengkampanyekan Gerakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Satgas Penanganan Covid-19 tak jemu mengingatkan masyarakat untuk patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yang ketat.

Baca juga : Partai Banteng Siapkan Serangan Darat dan Udara

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kepatuhan terhadap protokol kesehatan lebih efektif mencegah penularan jika dilakukan secara kolektif dan tidak dilakukan sendiri. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.