Dark/Light Mode

Tekan Penyebaran Covid-19

Ingat Ya, Pake Masker Harus Benar, Jangan Asal-asalan...

Selasa, 3 Nopember 2020 05:10 WIB
Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo
Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo

RM.id  Rakyat Merdeka - Memakai masker kesannya sepele. Tapi, di masa pandemi Corona saat ini dampaknya bisa dahsyat sekali. Yang abai bisa terpapar virus mematikan.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid19 menegaskan kembali pentingnya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi. Salah satunya, menggunakan masker dengan baik dan benar. 

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, penerapan protokol kesehatan yang benar dan sesuai dapat mereduksi penularan Virus Corona. Bahkan menghentikan penyebaran. 

Dia menjelaskan, penggunaan masker secara benar yakni sekali pakai. Baik masker medis maupun masker kain. Masker kain yang telah dipakai harus dicuci dengan sabun hingga bersih sebelum digunakan kembali. 

“Penggunaan masker yang keliru justru meningkatkan risiko penularan,” ujar Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui laman resmi BNPB yang dikutip, Minggu (1/11). 

Menurut Doni, memakai masker tidak boleh menyentuh atau membuka tutup masker saat digunakan. Kini, semua orang harus menggunakan masker jika terpaksa beraktivitas di luar rumah. 

Berita Terkait : Antisipasi Penyebaran Covid, Warga Masuk Kota Bogor Kena Rapid Test

“Kamu bisa menggunakan masker kain tiga lapis yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali, agar masker bedah dan N-95 tersedia bagi petugas medis dan mereka yang sakit,” ujarnya. 

Selain itu, yang perlu diperhatikan juga saat memakai masker, yakni penggunaan face shield dan tetap melakukan physical distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter dengan siapa pun. 

“Pastikan face shield digunakan bersamaan dengan pemakaian masker. Dan jaga jarak saat berada di luar rumah. Dengan kata lain, tidak berdekatan dan tidak berkumpul,” ujarnya. 

Namun demikian, lanjut Doni, apabila memungkinkan, sebaiknya seluruh kegiatan dilakukan dari rumah. Jika terpaksa harus keluar rumah, sebaiknya menghindari penggunaan kendaraan umum. Dengan menerapkan jaga jarak, penyebaran virus dapat dicegah. 

“Ingat, virus tidak bergerak sendiri tapi oranglah yang membawanya ke manamana,” tegas Doni. 

Protokol kesehatan yang terakhir adalah mencuci tangan sesering mungkin, menggunakan sabun di bawah air yang mengalir. Menurut Doni, sebaiknya proses mencuci tangan tersebut berlangsung minimal selama 20 detik. 

Berita Terkait : Relawan Covid-19: Bergerak Tanpa Berkerumun

“Kita bersama-sama perlu menerapkan sejumlah tindakan pencegahan tersebut. Bila kita semua bekerja sama, kita dapat melindungi diri dan orang lain dan mengatasi pandemi ini lebih cepat,” tandas Doni. 

Netizen bernama Dnwlnri juga mengingatkan pentingnya memakai masker agar penularan Covid-19 bisa ditekan. Kata dia, seandainya semua orang di Indonesia mau pakai masker dengan benar (menutup hidung, dagu, mulut) dan mencuci tangan dengan benar, sudah menekan laju kenaikan angka Covid-19. “Percaya deh,” ujarnya. 

Chrisnayolandaa merasa perlu update cara memakai masker yang baik dan benar setiap hari. Soalnya, dengan memakai masker dengan benar, bisa mengurangi risiko-risiko yang kita sendiri tidak tahu dan tidak mengerti datangnya dari mana. 

“Terlebih aku keluar rumah tiap hari,” katanya. Drpriono1 mengatakan, memakai masker adalah vaksin terbaik. Kata dia, sains membuktikan memakai masker yang benar dan konsisten dapat menekan penularan dan cegah kematian. “Murah, aman & efektif,” ungkapnya. 

“Mari bersama melawan Covid-19. Memakai masker cara efektif mencegah penularan virus. Yuuk, tetap pakai masker di area publik. Dengan memakai masker yang benar, kamu bukan saja menyelamatkan dirimu sendiri tapi sudah menjaga orang lain,” imbau RiriJreeng. 

Bs_vito menjelaskan, saat menggunakan masker medis yang tersedia dari berbagai warna juga tidak boleh terbalik. Cara memakai masker yang benar dengan menempatkan sisi yang berwarna di bagian depan. Sedangkan sisi putih ada di bagian yang menempel ke wajah. 

Berita Terkait : Mau Diving Atau Snorkeling Yang Aman Covid? Ini Tipsnya

“Jangan remehkan cara memakai masker. Dan gunakanlah masker dengan benar agar terhindar dari Covid-19,” tegas Jackson_maba. PutriSriWulan15 mengaku, selalu mensosialisasikan tata cara memakai masker yang benar kepada keluarga hingga tetangga.

 Dia bilang, sosialisasi dilakukan baik kepada orang dewasa maupun adik-adik kecil. Sosialisasi ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

“Memakai masker itu harus disertai dengan cara yang benar, tetap menjaga jarak aman, hindari ruangan sempit dan berventilasi buruk. Kalau nggak mampu, ya di rumah aja,” tandas Irasjafii. [ASI]