Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenkes Akan Sosialisasikan Vaksin Corona

Rakyat Sudah Menanti Bisa Hidup Normal Lagi

Minggu, 8 November 2020 06:08 WIB
Ilustrasi Vaksin Corona
Ilustrasi Vaksin Corona

RM.id  Rakyat Merdeka - Program vaksinasi Corona akan dilakukan Desember tahun ini. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melakukan sosialisasi roadmap atau peta jalan vaksin Covid-19 pekan depan. Roadmap tersebut nantinya bakal mengatur jadwal vaksinasi, logistik, hingga alur jalan distribusi vaksin.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Muhammad Budi Hidayat menjelaskan, sosialisasi roadmap vaksin Covid-19 akan dilakukan ke sejumlah stakeholders dan masyarakat.

Baca juga : Corona Jangan Kelamaan Ah, Sudah Nggak Sabar Hidup Normal Lagi Nih...

Sehingga publik dan pemerintah mendapat kejelasan apa yang akan dilakukan saat vaksin sudah ada. “Roadmap sudah disiapkan dan menunggu arahan jadwal. Insya Allah minggu depan mungkin akan masuk sosialisasi,” ujarnya, Kamis (5/11).

Menurut Budi, rencana pekan ketiga November bisa saja terwujud, namun tidak boleh gegabah dan tetap harus mematuhi aturan.

Baca juga : MUI Dan Ma`ruf Amin Berusaha Bikin Rakyat Tenang Dan Aman

Hal yang paling utama, kata dia, menunggu Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) RI mengeluarkan izin darurat vaksin atau Emergency Use Authorization (EUA). “Insya Allah, sesuai rencana setelah EUA keluar,” kata dia.

Sejauh ini, lanjut Budi, Kemenkes juga tengah menggodok serangkaian aturan vaksinasi, meliputi standar operasional prosedur hingga kegiatan monitoring dan evaluasi.

Baca juga : Kemenkes Minta Hasil Tes Swab Di Bali Bisa Diketahui Lebih Cepat

“Kami lakukan persiapan mulai dari protap (Prosedur Tetap -red), SDM, logistik dan distribusi serta Monev (monitoring dan evaluasi -red),” jelasnya.

Terkait pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal vaksinasi Covid-19 kemungkinan akan dimulai pekan ketiga Desember, Budi tidak bisa berkomentar lebih jauh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.