Dark/Light Mode

Didukung 23 K/L, Kemenparekraf Gelar Simulasi Protokol 3K Destinasi Wisata

Kamis, 12 November 2020 21:07 WIB
(Dari kiri) Wagub NTT Josef Nae Soi, Menkominfo Johnny G Plate, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menparekraf Wishnutama Kusubandio, dan Menhub Budi Karya Sumadi, dalam simulasi protokol 3K untuk destinasi wisata, di Hotel Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (12/11). (Foto: Dok. Kemenparekraf)
(Dari kiri) Wagub NTT Josef Nae Soi, Menkominfo Johnny G Plate, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menparekraf Wishnutama Kusubandio, dan Menhub Budi Karya Sumadi, dalam simulasi protokol 3K untuk destinasi wisata, di Hotel Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (12/11). (Foto: Dok. Kemenparekraf)

 Sebelumnya 
Wishnutama mengatakan, yang dilakukan saat ini adalah demi menjamin keseriusan terhadap penanganan kesehatan, keamanan, dan keselamatan di destinasi wisata. Protokol ini juga menjadi hal penting untuk mempercepat pemulihan pariwisata dan mewujudkan quality tourism. Sebagai langkah awal dalam mempercepat pemulihan pariwisata agar lebih berkualitas, aman, dan nyaman. "Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk seluruh tim gabungan yang telah bersinergi menyusun hingga melaksanakan rangkaian simulasi protokol kesehatan, keamanan, dan keselamatan ini," kata Wishnutama. 

Simulasi Protokol 3K Destinasi Pariwisata Nasional ini disiarkan secara live streaming di YouTube Kemenparekraf. Dalam simulasi penanganan ketanggapdaruratan juga melibatkan berbagai peralatan dan sarana prasarana. Seperti pada simulasi kecelakaan kapal tenggelam di depan Hotel Inaya Bay Komodo. Disimulasikan, kapal yang membawa 10 penumpang dan tiga kru itu terbakar di tengah perjalanan. Kapten kapal kemudian memberikan sinyal kedaruratan ke command center mengenai kejadian yang dialami, titik koordinat, keterangan jenis kapal, dan jumlah penumpang. 

Baca juga : Mahasiswa STP Trisakti Kembangkan Desa Cibulao Jadi Destinasi Wisata Kopi

Dari informasi yang diterima command center, Basarnas memimpin upaya penanganan langsung melakukan evakuasi melalui jalur udara. Didukung dua unit helikopter yang berisikan anggota penyelamat berkeahlian khusus, melakukan free jump ke laut untuk menyelamatkan para penumpang dan mengevakuasi ke helikopter guna mendapatkan pertolongan pertama. 

Sementara dari jalur laut melibatkan enam kapal sea rider (kapal taktis) yang juga bergerak menuju titik kecelakaan dan melakukan evakuasi korban guna mendapat pertolongan. Di dermaga, telah bersiap ambulans dari Kementerian Kesehatan yang akan membawa para korban ke rumah sakit. 

Baca juga : Perangi Covid-19, Kemenkumham Gelar Swab Test Massal

Luhut mengapresiasi kegiatan simulasi yang mengkolaborasikan 23 kementerian/lembaga. Simulasi ini merupakan uji coba sebuah sistem terpadu yang menjadi cikal bakal SOP (Standard Operational Procedure) bidang kesehatan, keamanan, dan keselamatan destinasi pariwisata Indonesia. "Presiden sudah memberikan arahan supaya semua kegiatan terintegrasi dan perbaikannya pun secara terintegrasi. Tidak ada boleh orang yang atau instansi juga K/L yang punya langkah sendiri-sendiri," kata dia. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.