Dark/Light Mode

Di HUT Partai Golkar

KPU Minta Peserta Pilkada Patuhi Protokol Kesehatan

Selasa, 20 Oktober 2020 16:23 WIB
Di HUT Partai Golkar KPU Minta Peserta Pilkada Patuhi Protokol Kesehatan

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan kembali agar peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 menjalankan protokol kesehatan pada setiap tahapan pemilihan. Ini penting guna mencegah menyebaran pandemi Covid-19.  

“Perlu pelibatan lebih banyak stake holders seperti DPR, BNPB, gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, Kemenkes, TNI/ Polri dan lainnya adalah  sebuah keharusan, karena banyaknya tantangan dalam melaksanakan tahapan-tahapan pilkada,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra saat menjadi pembicara dalam webinar series rangkaian HUT Partai Golkar ke-56 di Jakarta, Selasa (20/10). 

Baca juga : Elite Partai Golkar Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan Kalibata

Selain Ilham Saputra, hadir pula Ketua Bawaslu Abhan, Duta Besar LBBP RI untuk Perancis, Armanatha C Noer dan Duta Besar RI untuk Korsel, Umar Hadi. 

Menurut Ilham, pelaksanaan pilkada di tengah Pandemi Covid 19, kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan dan melakukan koordinasi intensif dengan seluruh stake holder yang terlibat merupakan hal yang perlu diperhatikan. 

Baca juga : Partai Golkar Serukan Gerakan 3 M Di Pilkada 2020

“Artinya seluruh pihak harus lebih kreatif dan inovatif dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih dengan tetap menjamin keamanan serta memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan konsekuen,” tegasnya. 

Pada kesempatan itu, Ilham juga meyakini di masa pandemi Covid-19 adalah momentum yang tepat untuk menerapkan sistem penghitungan secara digital secara resmi dengan menggunakan aplikasi Sistem Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara (Sirekap). 

Baca juga : Siapa Pun Pelanggar Protokol Kesehatan, Harus Dipublikasikan

“Penerapan Sirekap ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan penghitungan dan rekapitulasi serta melakukan efisiensi serta transparansi penghitungan dan rekapitulasi hasil pemilihan,” jelasnya. 

Pihaknya berharap, penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 di masa pandemi Covid-19 tidak mengurangi legitimasi dan partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin daerah. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.