Dark/Light Mode

APEC CEO Dialogues 2020

Manfaatkan Peluang UU Cipta Kerja, Jokowi Undang CEO dan Pengusaha Asia-Pasifik

Kamis, 19 November 2020 16:48 WIB
APEC CEO Dialogues 2020 Manfaatkan Peluang UU Cipta Kerja, Jokowi Undang CEO dan Pengusaha Asia-Pasifik

 Sebelumnya 
Kedua, pungutan liar dan korupsi dipotong, dengan cara mengintegrasikan seluruh proses perizinan ke dalam sistem perizinan elektronik melalui sistem OSS (Online Single Submission). Ketiga, kegiatan usaha dan berinvestasi makin dipermudah. Pembentukan perseroan terbatas dibuat lebih sederhana, dan tidak lagi ada pembatasan modal minimum.

“Pengurusan paten, merek juga dipercepat. Pengadaan tanah dan lahan bagi kepentingan umum dan investasi jauh lebih mudah,” ujar Presiden.

Keempat, berinvestasi di kawasan ekonomi khusus, kawasan perdagangan bebas, dan pelabuhan bebas semakin dipermudah. Serta semakin menarik dengan adanya berbagai fasilitas dan insentif.

Baca juga : Aturan Turunan UU Cipta Kerja Ditarget Rampung Bulan Ini

"Pelayanan perizinan berusaha di kawasan-kawasan tersebut akan dilakukan dalam hitungan jam, dengan fasilitas fiskal yang terintegrasi dalam sistem OSS,” tutur Jokowi.

Kelima, Indonesia juga membentuk lembaga sovereign wealth fund, yang akan mengelola dan menempatkan sejumlah dana dan atau aset negara, secara langsung maupun tidak langsung. Serta melakukan kerja sama dengan pihak ketiga.

Keenam, Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja melindungi dan meningkatkan peran pekerja dalam mendukung investasi di Indonesia. Termasuk, memberikan kepastian hukum dalam pengaturan tentang upah minimum dan besaran pesangon.

Baca juga : Izin Usaha Dipermudah, Iklim Investasi Membaik

"Kita akan selesaikan aturan pelaksanaan Omnibus Law secepat-cepatnya, sehingga berbagai reformasi regulasi dan debirokratisasi bisa segera dirasakan manfaatnya oleh para pelaku usaha. Diharapkan, ini bisa menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan,” tandas Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengundang para CEO dan pengusaha di kawasan Asia-Pasifik, untuk memanfaatkan peluang dari UU Cipta Kerja yang baru saja disahkan.

“Saya yakin, para pengusaha serta pelaku bisnis domestik dan internasional akan merasakan efek positif dari berbagai potensi dan insentif dari kebijakan ekonomi, yang dikeluarkan Indonesia di masa pandemi ini. Mari kita bersama-sama bangkit dan bekerja sama, untuk memulihkan kesehatan masyarakat dan perekonomian kawasan. Mari kita segera melakukan lompatan-lompatan kemajuan, untuk kejayaan perekonomian di kawasan,” pungkas Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.