Dark/Light Mode

Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

BKS Ajak Generasi Muda Ciptakan Inovasi Di Tengah Pandemi Covid

Sabtu, 21 November 2020 18:22 WIB
Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional BKS Ajak Generasi Muda Ciptakan Inovasi Di Tengah Pandemi Covid

 Sebelumnya 
Agar startup bisa survive dalam kondisi seperti ini, tak cukup hanya mengandalkan program PEN. Sinergi dari pihak lain yaitu sinergi pentahelix antara pemerintah, pebisnis, universitas, media, dan masyarakat juga sangat dibutuhkan.

Dalam kesempatan itu, BKS juga mendorong ITS untuk menjadi pelopor dalam mendorong kemajuan di Indonesia Timur, dengan memberikan kesempatan yang sama bagi generasi muda di sana.

Baca juga : Perkuat Ekosistem Digital, TapCash BNI Bantu Percepatan Penanganan Covid-19

"Mereka harus mendapatkan kesempatan yang sama dengan kita yang ada di pulau Jawa ini. Saya pikir, apa yang menjadi ide hari ini, di mana ITS memberikan sarana cara bagi inovator baru memiliki paten, memiliki usaha agar bisa menjadi konglomerat yang luar biasa. Atau menjadi guru besar di mana-mana di Indonesia Timur," paparnya.

BKS mengapresiasi ITS yang telah menginisiasi diselenggarakannya kompetisi startup pemula di Indonesia di tengah pandemi, yang telah memberikan wadah bagi para inovator muda untuk berkreasi.

Baca juga : Retno Dorong Pertumbuhan Ekonomi Yang Aman Di Tengah Pandemi

Kompetisi ini diikuti oleh sedikitnya 300 startup. Acara ini dapat mendorong pertumbuhan dunia entrepreneurship dalam bidang teknologi dan sektor kreatif, yang diharapkan dapat membuka lebih banyak lapangan kerja. Terutama, untuk masyarakat di Indonesia bagian timur.

Pada kesempatan yang sama, BKS juga sempat menyaksikan penyerahan inovasi Robot medical Assistant ITS – Airlangga (Raisa) dari ITS ke RS Pelni.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi Nasional, Kadin Andalkan Sektor Pertanian

Robot ini mampu memberikan pelayanan kepada pasien Covid-19 yang sedang diisolasi. Seperti mengantar makanan, pakaian, maupun obat-obatan, atau untuk membantu tenaga medis mengurangi intensitas kontak langsung dengan pasien.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Rektor ITS Mochamad Ashari, dan sejumlah pejabat terkait turut hadir di acara tersebut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.