Dark/Light Mode

Tetap Disiplin Terapkan Prokes

Vaksin Ditemukan Bukan Berarti Pandemi Berakhir

Senin, 30 November 2020 09:08 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro. (Foto: Satgas Covid-19)
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro. (Foto: Satgas Covid-19)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengingatkan, masyarakat tidak boleh abai menerapkan protokol kesehatan (prokes), tatkala pemerintah telah menyediakan vaksin.

Meski nantinya vaksin sudah dapat digunakan, virus Corona tak begitu saja hilang. “Vaksin bukan solusi total menghilangkan virus tersebut. Datangnya vaksin Covid-19 bukan berarti pandemi langsung berakhir,” kata Reisa, di Graha BNPB Jakarta, kemarin.

Baca juga : Akademisi Dukung Kesuksesan Pilkada Saat Pandemi Covid-19

Menurutnya, vaksin berfungsi mencegah penularan virus dengan jalan menciptakan ke kebalan tubuh, agar dapat melawan penyakit tertentu. Tubuh kita, jelasnya, memiliki sistem imun yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap serangan virus atau bakteri.

Namun, sistem imun ini butuh pengenalan terhadap jenis-jenis kuman penyebab penyakit. Sehingga, bila di kemudian hari virus atau bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh, tubuh sudah siap melawan dan mencegah timbulnya penyakit yang di sebabkan virus atau bakteri itu.

Baca juga : Antisipasi Peredaran Narkoba, DPRD Kota Bandung Seriusi Raperda P4GN

Tujuan utama vaksin, jelas dokter jebolan Universitas Pelita Harapan ini, adalah membuat tubuh mengenal jenis kuman pembawa penyakit dan menjadikan tubuh kebal terhadap penyakit tersebut. “Tubuh kita ini akan mengingat apa yang harus diwaspadai. Sehingga jika ada virus bakteri atau kuman penyebab penyakit masuk, dapat dilawan,” terangnya.

Reisa menyatakan, pemerintah saat ini tengah melakukan uji klinis terhadap calon vaksin. Proses pengujian dilakukan berlapis-lapis, demi memastikan keamanan dan efektivitas vaksin.

Baca juga : Jaga Kelancaran Proyek Strategis Nasional, Pertamina Gandeng Kejagung

Ia pun kembali mengingatkan, jika vaksin sudah dapat digunakan, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. mulai dari mencuci tangan, memakai masker, hingga menjaga jarak. “Jalankan pola hidup sehat, makan makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, tidur yang cukup. Terakhir, lengkapi dengan turut mensukseskan program vaksinasi,” pungkas Puteri Indonesia Lingkungan Hidup 2010 ini. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.