Dark/Light Mode

Hasil Rapat Dengan Aktivis Agraria

Titah Jokowi, Tuntaskan Masalah Dan Redistribusi Tanah

Sabtu, 5 Desember 2020 08:27 WIB
Presiden Jokowi temui aktivis agraria bahas solis konglik tanah di Istana, Kamis (3/12)
Presiden Jokowi temui aktivis agraria bahas solis konglik tanah di Istana, Kamis (3/12)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi berkomitmen untuk mengatasi berbagai persoalan konflik tenurial (lahan) di kawasan hutan yang merupakan persoalan akumulatif. 

Hal itu disampaikan Jokowi saat rapat bersama dengan para aktivis Reforma Agraria pada, 2-3 Desember 2020 di Istana Merdeka, Jakarta. 

Baca juga : Cari Dukungan LPI, Jokowi Utus Menko Marves Dan Menteri BUMN Ke Jepang

Pertemuan tersebut, untuk mengetahui berbagai persoalan yang ada di lapangan serta menemukan solusi yang dapat disepakati bersama.

"Ini agar betul-betul bisa terealisasi, sehingga masalah-masalah yang berkaitan dengan Reforma Agraria bisa mengalami percepatan dan akselerasi dalam menyelesaikan persoalan yang belum-belum," ujar Presiden.

Baca juga : Bio Farma Sudah Siapkan Rantai Distribusi Vaksin Covid-19

Pemerintah berupaya mempercepat Reforma Agraria agar segera dapat dirasakan manfaat dan dampaknya oleh masyarakat. 

Berbagai instrumen kebijakan pun telah dikeluarkan, seperti Peraturan Presiden (Perpres) 88 Tahun 2017 tentang Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH), Program Perhutanan Sosial, dan Kebijakan Penataan Pemukiman dalam kawasan hutan.

Baca juga : DPR: Menag Terkesan Cuma Urus Gelang Dan Buku Saja

Para pegiat yang hadir yaitu Ketua Umum DPP Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial, Siti Fikriyah, Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria Dewi Kartika, Ketua Badan Registrasi Wilayah Adat, Kasmita Widodo, dan Sekretaris Umum Serikat Petani Indonesia, Agus Ruli.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Kapolri Jenderal, Idham Azis. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.