Dark/Light Mode

Kasus Covid-19 Meningkat, Bangka Belitung Kembali Jadi Zona Kuning

Jumat, 11 Desember 2020 13:08 WIB
Kasus Covid-19 Meningkat, Bangka Belitung Kembali Jadi Zona Kuning

RM.id  Rakyat Merdeka - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali ditetapkan sebagai zona kuning, karena meningkatnya kasus baru  virus Corona di negeri serumpun sebalai itu.

"Dalam sepekan terakhir, kasus baru Covid -19 mengalami peningkatan yang cukup tinggi," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid -19 Provinsi Kepulauan Babel, Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, dikutip Antara, Jumat, (11/12).

Ia mencatat, data terbaru jumlah masyarakat terkonfirmasi Covid-19 sudah mencapai 1.318 orang yang tersebar di Kota Pangkalpinang 387 orang, Kabupaten Bangka 358 orang, Bangka Tengah 256 orang, Bangka Barat 72 orang, Bangka Selatan 19 orang, Belitung 200 orang dan Belitung Timur 26 orang.

Baca juga : Bawaslu BandungTemukan Politik Uang Di Masa Tenang

Sementara itu, jumlah masyarakat sembuh dari Covid-19 sebanyak 1.005 orang, meninggal dunia 19 orang dan pasien COVID-19 yang masih dalam isolasi atau perawatan sebanyak 294 orang atau bertambah 13 orang.

"Kondisi ini menjadikan Babel kembali dalam zona risiko atau kuning yang sebelumnya zona hijau," ujarnya.

Menurut dia peningkatan status penyebaran COVID-19 ini perlu disikapi serius oleh semua instansi pemerintah terkait dan masyarakat yaitu dengan terus meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran serta kedisiplinan dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Baca juga : Vaksin Covid-19 Datang, Jokowi Minta Protokol Kesehatan Tetap Dijalankan

"Kita menerapkan strategi penanganan sejak hulu. Pemerintah mendorong percepatan perubahan perilaku masyarakat secara individual maupun komunal dengan mematuhi 3M secara disiplin," katanya.

Ia menegaskan, penanganan Covid-19 adalah kerja dan tanggung jawab bersama, karena penanggulangan bencana non-alam ini musti dilakukan dengan saling bekerja sama, bersinergi dan berkolaborasi.Tanpa itu, upaya mengatasi pandemi ini tidak akan berhasil dan maksimal.

"Sinergi menjadi kata kunci untuk fokus menangani Covid-19 serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan sosial," katanya.

Baca juga : Cegah Klaster Perkantoran, ASN Pemkot Tangerang Kembali Jalani WFH

Ia berharap masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan prokes 3M, yaitu menjaga jarak dan menghindari kerumunan, menggunakan masker, serta mencuci tangan dengan sabun.

"Kita optimis dengan disiplin menerapkan 3M ini, maka Babel akan kembali ke zona hijau seiring berkurangnya kasus baru Covid-19," katanya. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.