Dark/Light Mode

JK Sebut Ekonomi RI Mulai Bergerak Menuju Zona Positif

Sabtu, 12 Desember 2020 00:27 WIB
Jusuf Kalla
Jusuf Kalla

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) berpendapat perekonomian nasional sudah mulai bergerak di tengah pandemi Covid -19.

"Daya beli sudah mulai bergerak. Ada harapan namun kita juga tidak boleh memandang enteng Covid-19 yang masih mengancam. Disiplin adalah kuncinya, sebagai upaya mengurangi risiko penularan seraya mendorong bangkitnya perekonomian," kata JK saat menyaksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima penghargaan ‘The Best Minister 2020’ di ajang CNBC Indonesia Award 2020 yang bertema Menyongsong Bangkitnya Ekonomi Indonesia 2021’ di Jakarta, Jumat (11/12).

Baca juga : Gerakan Ekonomi di Masa Pandemi Melalui Harbolnas 12.12

Menurutnya, ada harapan namun jangan pernah menganggap enteng virus Covid-19, meski vaksin sudah tiba di Jakarta.

“Harapan itu ada di tangan anda semua, baik praktisi, manajer-manajer yang handal yang hadir pada malam ini. Di pundak anda semualah harapan itu akan terjadi. Sebagaimana janji Allah Swt bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya dan setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya. Melalui andalah jalan dari semua itu," tambahnya.

Baca juga : Gotong Royong Bantu Tetangga Positif Corona

Sementara Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadimuljono akan fokuskan tahun 2021 untuk pengembangan Food Estate di Kalteng, Sumut dan NTT, pengembangan Kawasan industri di Batang dan Subang , serta pengembangan lima Destinasi pariwisata Super Prioritas (Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado-Likupang), Program Padat Karya Tunai (PKT) di seluruh wilayah Indonesia untuk mempertahankan daya beli dan menyerap tenaga kerja di tengah pandemi Covid -19.

"Program utama akan difokuskan untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya di sektor konstruksi, serta memanfaatkan semaksimal mungkin berbagai produk dalam negeri (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dan menghindari impor," tuturnya.

Baca juga : Airlangga Pede Ekonomi Bergerak Ke Zona Positif

Acara penganugerahan CNBC Indonesia Award 2020 ini digelar di Auditorium Menara Bank Mega Jakarta Selatan pada, Kamis malam, (10/12). Turut hadir Menteri BUMN, Erick Thohir, Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia Wahyu Daniel dan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja. [FIK]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.