Dark/Light Mode

Menteri Yasonna: Pilkada Aman Cerminkan Penghormatan HAM

Senin, 14 Desember 2020 15:40 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang aman merupakan cerminan penghormatan atas prinsip-prinsip hak asasi manusia (HAM).

Hal tersebut disampaikan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly saat memberi sambutan dalam upacara peringatan Hari HAM Sedunia di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Senin (14/12).

"Alhamdulillah, Pilkada secara langsung telah dilaksanakan dengan baik, aman, damai, dan dalam suasana yang penuh sukacit," kata Yasonna.

Baca juga : Pilkada Serentak Lancar, PBNU Serukan Pemenang Jangan Arak-arakan

Menteri asal PDIP ini mengatakan, bahwa di negara yang berasaskan hukum, seperti Indonesia, demokrasi dan penegakan HAM merupakan dua sisi yang tak dapat dipisahkan.

Demokrasi, menurut Yasonna, sebagai cara pelaksanaan negara sebagai organisasi kekuasaan yang menjamin pengakuan terhadap HAM, sedangkan pelaksanaan demokrasi itu sendiri juga harus dilandasi oleh prinsip-prinsip HAM.

Bahkan, pemerintah dalam melaksanakan tugas dan kewajiban di bidang HAM mendapat pengakuan serta apresiasi dari dunia internasional.

Baca juga : Gibran Menang Pilkada, Kaesang Minta Giveaway

Menurut Yasonna, apresiasi pihak internasional itu menjadi indikasi bahwa Indonesia dipandang sebagai teladan bagi negara-negara lain.

Yasonna menuturkan, terpilihnya Indonesia sebagai anggota Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk kelima kalinya pada tahun 2020 telah memberikan bukti nyata kepercayaan masyarakat internasional yang begitu besar bahwa pemerintah Indonesia mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan HAM. Bahkan, menjadi role model bagi negara-negara lain.

Aktivitas Indonesia dalam memajukan HAM di dalam negeri pun, kata Yasonna, memperoleh sambutan dan dukungan dari masyarakat internasional maupun berbagai pihak lain. 

Baca juga : Pemerintah Waspadai Anggaran Penanganan Covid-19 Dan PEN

Salah satu contoh adalah pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) yang tidak pernah terputus pelaksanaannya sejak 1998 hingga sekarang.

Dalam kesempatan itu, Yasonna juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih predikat kabupaten/kota peduli HAM. 
Program ini untuk meningkatkan pemenuhan hak dasar manusia di daerah.

Apresiasi serupa disampaikan Yasonna kepada jajaran kanwil kemenkumham yang giat menjalankan program pelayanan publik berbasis HAM. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.