Dark/Light Mode

Menristek Dorong Hasil Riset Dan Inovasi Dibumikan Untuk Ekonomi Nasional

Rabu, 23 Desember 2020 18:55 WIB
Menristek, Bambang Brodjonegoro
Menristek, Bambang Brodjonegoro

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakan, hasil riset dan inovasi  harus dibumikan dan manfaatkan untuk meningkatkan ekonomi Indonesia.

"Indonesia perlu bertransformasi menjadi negara yang menggunakan inovasi sebagai basis perekonomian. Kita perlu membumikan hasil riset dan inovasi sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, mengurangi ketergantungan impor dan menambah nilai tambah dari suatu produk,” kata Bambang dikutip Antara, Jakarta, Rabu (23/12).

Menurut dia, penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai inovasi perlu memperhatikan aspek kebutuhan dan keberlanjutan dalam jangka panjang dan mampu menyentuh langsung aspek kehidupan masyarakat.

Baca juga : Pengembang Didorong Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

Kementerian Riset dan Teknologi pun mengadakan rangkaian kegiatan lokakarya, focus group discussion (FGD) dan Bakti Inovasi dengan tema ‘Bakti Inovasi Untuk Bali Kembali Bali Berinovasi di Bali.

Kegiatan ini bertujuan mengidentifikasi program dan kegiatan yang mendukung pelaksanaan program desa berinovasi dan upaya menyinergikan kebijakan antar sektor dalam mendukung program desa berinovasi.

Program desa berinovasi merupakan hasil kesepahaman bersama antara Kementerian Riset dan Teknologi  dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebagai salah satu strategi dalam menanggulangi dampak Pandemi Covid-19 dan langkah pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga : Negara Hadapi Banyak Persoalan, Relawan Minta Dilibatkan Untuk Mengatasinya

Pada kunjungan kerja ke Bali, Menristek menyerahkan beberapa produk inovasi Covid-19 sebagai rangkaian program Bakti Inovasi kepada Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Beberapa inovasi yang diserahkan antara lain rapid test RI-GHA sebanyak 2.000 pcs untuk rumah sakit udayana, satu unit robot pelayan kesehatan Raisa untuk rumah sakit Bali mandara, satu unit ventilator transport Covent – 20 untuk rumah sakit sanglah, satu unit alat pembersih udara desinfektan Attcat untuk pemerintah provinsi Bali, dan paket imunitas yang berisi wedang uwuh, teh jahe, virgin coconut oil (VCO), Vitamin OST-D, minyak kayu putih, curcuma pro, permen cajuput, dan teh dia sebanyak 500 paket.

"Saya optimis dengan kerja sama triple helix yang kuat antara pemerintah, akademisi, dan industri, perekonomian di Bali dapat segera pulih dan bangkit kembali," ujar Bambang. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.