Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perdana, Kirim Logistik Nataru Via Konektivitas Multimoda Transportasi Tol Laut

Kamis, 24 Desember 2020 10:59 WIB
Perdana, Kirim Logistik Nataru Via Konektivitas Multimoda Transportasi Tol Laut

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mencatat prestasi di akhir tahun 2020, dengan melakukan pengiriman logistik untuk kebutuhan Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) bagi masyarakat di wilayah Terpencil, Terdepan, Terluar dan Pedalaman (3TP). Khususnya di pegunungan Papua, melalui konektivitas multi moda transportasi Tol Laut.

Pengiriman barang kebutuhan guna menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2020 dilakukan dengan memanfaatkan kapal tol laut KM Maura Mas yang dioperatori PT. TEMAS.

Baca juga : Kepatuhan Prokes Di Transportasi Udara Lebih Baik

Kapal yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada tanggal 16 Desember 2020, telah tiba di Pelabuhan Pomako, Mimika, Papua pada Rabu (23/12) malam pukul 01.50 WIT dan membongkar 1 unit kontainer ukuran 20 feet barang tol laut.

Selanjutnya, barang tersebut dikirim langsung ke wilayah pegunungan-pegunungan di wilayah 3TP yaitu ke Wamena dan beberapa Kabupaten di Pegunungan Papua seperti Kabupaten Nduga, Kabupaten Puncak Jayawijaya, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Tolikara melalui jalan darat dan jembatan udara atau pesawat.

Baca juga : 83 Perusahaan Kepincut Proyek Integrasi Antarmoda Transportasi

Setiba di Pelabuhan Pomako, kedatangan kapal KM Muara Mas disambut oleh Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Keamanan dan Kemaritiman, Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana. Didampingi Danlanal Kabupaten Mimika, KUPP Kelas III Pomako, para pejabat di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut dan pejabat Pemerintah Daerah setempat serta stakeholder terkait.

Terkait hal ini, Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana mengatakan,  penyelenggaraan angkutan ini merupakan konektivitas multimoda transportasi laut, darat dan udara perdana di Indonesia dalam satu trip perjalanan dengan menggunakan kapal, trailer/truk kontainer, pesawat, dan Kabupaten Mimika sebagai pilot project. Mengingat kebutuhan masyarakat sangat tinggi pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, dan disparitas harga masyarakat di beberapa pedalaman Papua khususnya di pegunungan-pegunungan masih terjadi.

Baca juga : Mentan Pantau Aktivitas Jual Beli Pasar Ternak Tallunglipu

“Konektivitas multimoda ini merupakan bukti upaya pemerintah untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah pegunungan-pegunungan pada daerah 3TP dan Program Strategis Nasional Presiden Jokowi terlayani sampai ke wilayah pegunungan-pegunungan dan distrik-distrik di wilayah Papua,” kata Buyung Lalana.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.