Dark/Light Mode

Perdana, Kirim Logistik Nataru Via Konektivitas Multimoda Transportasi Tol Laut

Kamis, 24 Desember 2020 10:59 WIB
Perdana, Kirim Logistik Nataru Via Konektivitas Multimoda Transportasi Tol Laut

 Sebelumnya 
Terselenggaranya angkutan konektivitas multimoda perdana di Indonesia ini berawal dari permintaan pelayanan pengiriman Barang oleh pelaku/pengguna jasa sebagai consignee di Kabupaten Mimika dan Kabupaten Jayawijaya, dengan menggunakan kontainer dan dikirim langsung ke wilayah pegunungan-pegunungan di wilayah 3TP.

Baca juga : Kepatuhan Prokes Di Transportasi Udara Lebih Baik

Hal itu ditujukan dalam rangka memenuhi kebutuhan distribusi Logistik Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, dengan menggunakan kewajiban pelayanan publik multimoda transportasi.

Baca juga : 83 Perusahaan Kepincut Proyek Integrasi Antarmoda Transportasi

Selanjutnya, Buyung Lalana juga menjelaskan secara detail bahwa pilot project pelaksanaan konektivitas multi moda transportasi laut, darat dan udara perdana di Indonesia berawal dari angkutan barang di laut (tol laut) yang dilakukan dengan kapal tol laut KM Muara Mas dengan Operator PT. Temas, dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Pelabuhan Pomako. Dilanjutkan dengan perjalanan darat melalui Perum Damri Cabang Mimika, dengan proses haulage trucking, stripping dan bongkar muat dari Pelabuhan Pomako ke Gudang Kargo Bandara Moses Kilangin.

Baca juga : Mentan Pantau Aktivitas Jual Beli Pasar Ternak Tallunglipu

“Proses tersebut dilanjutkan dengan jembatan udara yaitu melalui angkutan perintis dan kargo dengan menggunakan pesawat dari Trigana Air untuk jenis tipe Boeing 737 - 300 kapasitas 14 ton ke Wamena, dan angkutan perintis dengan pesawat jenis tipe Caravan untuk ke beberapa Distrik di wilayah pegunungan Kabupaten Mimika yaitu Awarnop, Alama dan Zila,” jelas Buyung Lalana.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.