Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nih, Jurus Menkes Yang Baru

Bed Dan Perawat Di RS Ditambah

Sabtu, 26 Desember 2020 06:26 WIB
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin

RM.id  Rakyat Merdeka - Baru hitungan jadi Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin langsung mengeluarkan jurusnya. 

Rumah sakit diminta menambah jumlah tempat tidur (bed), baik di ruang perawatan biasa maupun di ICU. 

Hal ini demi mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021. Di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) misalnya, Budi langsung memerintahkan penambahan tempat tidur hingga ratusan. 

“Kebetulan di RSCM ini tempatnya ada. Kita tinggal tambah jumlah tempat tidurnya saja. Baik di ruang perawatan maupun ICU-nya. Potensi penambahannya bisa sampai 100 lebih,” ujarnya, dalam konferensi pers virtual, di Jakarta, kemarin. 

Baca juga : Wagub Imbau Warga Tetap Di Rumah Selama Liburan

Tak hanya itu, menteri lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga menambah jumlah perawat. Ia memerintahkan wakilnya, Dante Saksono Harbuwono, agar segera mengalokasikan tambahan perawat.

“Jumlah dokternya cukup, jumlah alat kesehatannya cukup, ruangannya juga ada, tapi kita butuh perawat,” jelasnya. 

Agar tak terjadi lonjakan kasus positif Covid-19, Budi mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak di masa libur Natal dan Tahun Baru. 

Ia meminta Satgas Covid-19 terus menggencarkan kampanye 3M. Agar masyarakat tidak lupa, penyebaran Covid-19 banyak datang dari pergerakan manusia. 

Baca juga : Gerindra Tahu Diri

Mantan Dirut Bank Mandiri ini berharap, masyarakat tetap di rumah selama libur akhir tahun, sembari mengimplementasikan kebiasaan 3M dalam kehidupan sehari-hari. 

“Tolong pastikan, hari besar ini kita jalani dengan damai dan sehat,” tambahnya.

 Penerapan 3M, kata mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, harus terus dilakukan untuk menjaga diri sendiri serta keluarga dari penularan virus corona. 

Sementara Wamenkes Dante Saksono Harbuwono, tidak memungkiri jika lonjakan kasus pasti akan terjadi pasca libur panjang. Yang paling penting, angka kematian tidak boleh meningkat,” tegasnya. 

Baca juga : Menag Ajak Kaum Milenial Perkuat Moderasi Beragama

Dante mengatakan, Kemenkes melakukan berbagai persiapan untuk memastikan ketersediaan obat-obatan, fasilitas kesehatan dan tenaga medis tercukupi. Demi menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.