Dark/Light Mode

Produk Akhir Vaksin Sinovac Tak Mengandung Sel Vero

Hoaks, Vaksin Uji Klinis Mau Dipakai Buat Program Vaksinasi

Minggu, 3 Januari 2021 19:52 WIB
Juru Bicara Vaksin Covid-19, PT Bio Farma, Bambang Herianto (Foto: YouTube)
Juru Bicara Vaksin Covid-19, PT Bio Farma, Bambang Herianto (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
Setelah mendapatkan jumlah virus yang cukup, maka akan dipisahkan dari media pertumbuhan. Sel vero ini dipastikan tidak ikut terbawa sampai proses akhir pembuatan vaksin.

"Dengan demikian, produk akhir vaksin sudah tidak mengandung sel vero," tandasnya.

Baca juga : Kalau Nggak Aman, Vaksin Covid Tak Akan Sampai Uji Klinis 3

Bambang menuturkan, saat ini, vaksin Sinovac sedang dalam tahap kajian proses kehalalan oleh Lembaga Pengkajian Pangan & Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPOM MUI), untuk mendapatkan sertifikat halal. 

Vaksin Sinovac yang akan digunakan, hanya mengandung virus yang sudah dimatikan (inactivated virus). Tidak mengandung sama sekali virus hidup atau yang dilemahkan. Ini merupakan metode paling umum dalam pembuatan vaksin.

Baca juga : Berdayakan Lansia Tanjung Palas, Pertamina RU II Dumai Luncurkan Program Pelatihan Olahan Aneka Buah

"Vaksin juga mengandung alumunium hidroksida, yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan vaksin. Kandungan berikutnya adalah larutan fosfat sebagai penstabil (stabilizer), dan larutan garam natrium klorida sebagai isotonis untuk memberikan kenyamanan dalam penyuntikan. Garam ini dipastikan memenuhi standar pharmaceutical," papar Bambang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.