Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bagikan Paket PHBS Dan APD

PMI Ingatkan Prokes Jangan Sampai Kendor

Rabu, 6 Januari 2021 05:37 WIB
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla saat berkunjung ke Gudang Darurat Penanganan Covid-19 PMI di Jakarta.
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla saat berkunjung ke Gudang Darurat Penanganan Covid-19 PMI di Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Palang Merah Indonesia (PMI) mengingatkan masyarakat tetap waspada terhadap penularan Covid-19. Hidup sehat dengan mematuhi pro­tokol kesehatan (prokes) harus tetap dilakukan. Jangan sampai kendor melaksana­kan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Hal itu dikatakan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla saat berkunjung ke Gudang Darurat Penanganan Covid-19 PMI di Jakarta. Dalam kun­jungannya, eks Wapres itu di­dampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said.

JK pun menginstruksikan jajarannya segera mendistribusikan stok paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan APD (Alat Pelindung Diri) kepada masyarakat dan petugas medis.

Berita Terkait : Airlangga: Vaksinasi Jalan, Disiplin Prokes Jangan Kendor

“Ada sejumlah barang yang akan kami distribusikan. Paket PHBS sebanyak 13.000, baju hazmat 11.000, kacamata 10.000, sarung tangan 2.450 unit dan face shield sebanyak 4.400 unit dan 19.000 unit sprayer,” kata dia.

Menurut JK, langkah tersebut sekaligus menjadi komitmen PMI untuk terus membantu upaya Pemerintah mencegah Covid-19 di Tanah Air.

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin Muh Hadi mengata­kan, pihaknya juga mewas­padai terjadinya varian baru Covid-19 seperti yang terjadi di sejumlah negara. Apalagi, Indonesia diprediksi bakal mengalami fenomena La Nina, sehingga bisa memperburuk keadaan.

Berita Terkait : Ucapkan Selamat Natal, Luhut Ingatkan Patuhi Prokes

Karena itu, PMI menyiap­kan anggotanya untuk terus mengedukasi dan mengingatkan masyarakat agar tetap siaga terhadap bencana dan penyebaran virus.

Menurut Arifin, lokasi pengungsian bencana harus memiliki sanitasi yang baik, dan harus dipastikan tidak berdesak-desakan. Hal itu kunci agar Covid-19 tidak menyebar kepada para pengungsi.

Sementara, Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said me­nyinggung program vaksinasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Berita Terkait : Walkot Arief Pastikan Gereja Di Tangerang Terapkan Prokes Saat Ibadah

Dia berharap, Pemerintah bekerja sama dengan banyak pihak agar program itu dapat direalisasikan dengan baik.

Mantan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) itu mengatakan, po­tensi yang bisa dilibatkan, yakni peran atau jaringan TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga organisasi ke­manusiaan seperti PMI.

“Kalau itu semua dimobilisasi, Insya Allah bisa kita capai,” katanya. [DIR]