Dark/Light Mode

Kerja Sama Dengan Jepang

Patimban Bakal Saingi Shanghai Dan Singapura

Jumat, 8 Januari 2021 05:09 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam Public Expose Pelabuhan Patimban. (Foto : YouTube Kementerian Perhubungan)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam Public Expose Pelabuhan Patimban. (Foto : YouTube Kementerian Perhubungan)

 Sebelumnya 
Tak hanya itu, ada beberapa keunggulan Patimban. Salah satunya, terkait dwelling time atau waktu bongkar muat yang kurang dari dua hari.

“Dengan akses yang lebih cepat, dapat membantu menu­runkan biaya logistik nasional secara signifikan,” ucap BKS.

Baca juga : Kasus Suap Pengurusan DAK, KPK Rampungkan Penyidikan Bupati Labura

Minister of Economic Affairs Kedutaan Besar Jepang Tadayuki Miyashita mengatakan, Pelabuhan Patimban telah menjadi proyek simbolis hubungan kerja sama Pe­merintah Indonesia dan Jepang.

Menurut Miyashita, pembangunan ini akan memberikan kontribusi besar bagi Indonesia. Termasuk upaya mempromosikan ekspor, menciptakan iklim investa­si yang baik, hingga pengalihan teknologi dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga : Indonesia Bisa Tiru China Dan Singapura

Pasalnya. infrastruktur saja tidak cukup untuk meningkat­kan daya saing. Kementerian Perhubungan sudah menunjuk konsorsium CT Corp sebagai operator Pelabuhan Patimban.

“Kami tengah menanti agar konsorsium Jepang dan konsorsium Indonesia dapat membentuk kerja sama sebagai Indonesia- Jepang joint operator. Ini sesuai yang sudah disepakati Presiden Indonesia dan Perdana Menteri Jepang,” jelas Miyashita.

Baca juga : Pengiriman Vaksin Bakal Dikawal Teknologi Canggih

Menurutnya, konsorsium Indo­nesia-Jepang dapat memainkan peran penting untuk mening­katkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pelabuhan. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.