Dark/Light Mode

Sinergi BUMN Gelar Pangan Murah Hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Selasa, 26 Maret 2019 17:34 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) saat memberikan sumbangan renovasi untuk Masjid Jami Nurul Huda, yang merupakan ba PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Senin (26/3). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) saat memberikan sumbangan renovasi untuk Masjid Jami Nurul Huda, yang merupakan ba PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Senin (26/3). (Foto: Humas BUMN)

 Sebelumnya 
Sambung Listrik Gratis

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Rini juga melakukan simbolisasi penyalaan listrik gratis, bagi 300 pelanggan yang tersebar di Kota Bekasi. Ini merupakan lanjutan dari rangkaian acara Program Sambung Listrik Gratis, yang diinisiasi 34 BUMN.

Baca juga : Menteri Rini Ikut Berbagi Pangan Murah Untuk Masyarakat Brebes

Khusus untuk Kota Bekasi, bantuan sambung listrik gratis dilakukan oleh PLN dengan 5 BUMN Karya.

PLN mencatat, rasio elektrifikasi Kota dan Kabupaten Bekasi sudah mencapai hampir 100 persen. Tapi, masih ada 11.000 kepala keluarga memperoleh listriknya dari rumah tetangga (nyantol/levering).

Baca juga : Menteri Rini Resmikan 2 RMU di Pamarican dan Jamanis

“Dalam menyambut HUT Kementerian BUMN, saya juga mendorong BUMN untuk berbagi kepada rumah tangga tak mampu, yang belum menikmati listrik secara utuh atau masih menyantol dari tetangga. Semoga, ini bermanfaat bagi masyarakat. Listrik pun  bisa mendukung kegiatan perekonomian masyarakat di sini,” tegas Menteri Rini.

Pemasangan listrik gratis ini tentunya meringankan warga, yang sebelumnya harus membayar 40 ribu – 50 ribu untuk 3 bola lampu, saat masih nyantol. Tapi, dengan pasang listrik sendiri, warga cukup membayar 20-30 ribu untuk lampu dan peralatan listrik lainnya, tanpa takut ngejepret  alias putus listrik.

Baca juga : BUMN Buka Peluang Magang Bersertifikat Bagi 9.000 Mahasiswa

"Semoga, ini bisa membantu warga yang sebelumnya nyantol listrik. Sekarang, mereka telah mendapatkan sambungan listrik secara langsung. Tahun ini, di wilayah Bekasi, harus sudah tersambung 4.800 KK," jelas Direktur Regional Bisnis Jawa Bagian Tengah PLN, Amir Rosidin.

Ini merupakan program nasional seluruh Indonesia. Di Jawa Barat, saat ini sudah tersambung 109.000 rumah, dari target 235.000 rumah. Secara nasional, sebanyak 1,2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.