Dark/Light Mode

Ujan-ujanan Ke Lokasi Banjir Kalsel

Jokowi Dengar Keluhan Rakyat

Selasa, 19 Januari 2021 07:23 WIB
Presiden Jokowi membagikan makanan kepada anak-anak usai meninjau langsung lokasi banjir dari atas jembatan Pekauman di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, kemarin. (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi membagikan makanan kepada anak-anak usai meninjau langsung lokasi banjir dari atas jembatan Pekauman di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, kemarin. (Foto: Setpres)

 Sebelumnya 
Soal pengungsian juga jadi perhatian Jokowi. Jumlah pengungsi sebagaimana dicatat BNPB, tidak sedikit. Mencapai 112.709 orang. Jumlah pengungsi membengkak, karena 27.111 rumah terendam.

Saat bertemu anak-anak, mantan Gubernur DKI Jakarta itu beberapa kali mengeluarkan sejumlah kotak dari mobilnya. Isinya ada donat, masker, dan lainnya yang dibagikan.

Baca juga : Jokowi: Banjir Kalsel Terbesar Dalam 50 Tahun Terakhir

Anak-anak terlihat gembira disambangi presidennya. Warga Kalsel lainnya juga lega, setelah sempat lara.

Sebelumnya, warga Kalsel sedih dan ramai-ramai protes di akun sosial media Jokowi. Mereka menganggap Jokowi tidak memikirkan Kalsel. Hingga untuk ucapan bela sungkawa saja, Jokowi tidak menyebut musibah banjir Kalsel.

Baca juga : Tinjau Lokasi Banjir, Jokowi Terbang Ke Kalsel

Hanya bencana gempa di Sulawesi Barat dan longsor di Sumedang, Jawa Barat yang disampaikan Kepala Negara pada Jum’at (15/1) siang. Baru pada malam harinya, ia menyebut bencana banjir Kalsel secara khusus.

Netizen mengira Jokowi lupa dan menganaktirikan provinsi tetangga calon ibu kota negara itu. Hingga tagar #KalseJugaIndonesia trending di Twitter. Ternyata tidak!

Baca juga : Twitter Jokowi Diserbu Netizen

Dengan kunjungan ini, warganet menyambut gembira kedatangan Jokowi ke Kalsel. “Presiden peduli, walaupun banjir datang langsung melihat kondisi,” cuit akun @RobertSamosir1. “Semoga habis ini nggak ada yang nyinyirin tindakan Presiden. Sehat selalu Bpk @jokowi sekeluarga..” timpal akun @Julie307. “Bentar lagi pasti ada yang bilang pencitraan,” sambung akun @CMeduro. “Semoga mampu menjadi tambahan kekuatan bagi saudara kita di sana dengan hadirnya presiden,” imbuh akun @bunda_ima2901.

“Terima kasih bapa sdh datang ke daerah kami, banjir bukan semata intensitas hujan terus menerus di Kalsel. Tapi karena rusaknya hutan, bisnis sawit dan tata kelola drainase yang buruk,” cuitnya. “Sayang bapak belum bisa berkunjung sampai ke daerah kabupaten hulu sungai tengah tepatnya di daerah desa hantakan. Itu paling parah pak. Tersapu banjir.. banyak rumah yang hilang dari peta bumi,” timpal akun @aulya79979633. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.