Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kirim Surat, Bupati Nikson Harap Universitas Negeri Tapanuli Raya Disetujui Presiden

Selasa, 2 Februari 2021 23:05 WIB
Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan (foto:net)
Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rencana pembangunan Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara) terus dimatangkan.  Kehadiran Untara diyakini dapat meningkatkan sumberdaya manusia sekaligus menggerakkan roda perekonomian di kawasan Tapanuli Utara (Taput). 

Untuk mewujudkannya, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi terkait pendirian Untara. 

Nikson berharap, Presiden ikut mendukung pembangunan Untara. Kehadiran Universitas negeri ini akan membantu menggerakkan roda perekonomian di kawasan Taput. 

Baca juga : Kasus Corona Tembus 1 Juta, Bamsoet Minta Pemerintah Jaga Kemampuan RS Rawat Pasien

“Surat usulan pendirian Untara sudah dikirimkan pada, 28 Januari 2021. Mudah mudah bisa segera direspon dan pembangunan kampus bisa dilakukan cepat,” tulis Nikson dalam surat pendirian Untara  ke Presiden Jokowi. 

Dalam surat itu, Nikson yang juga Ketua DPC PDI Perjuanga Taput ini melampirkan hasil kajian studi kelayakan pendirian Untara dari tim ahli Universitas Sumatra Utara (USU) dan kajian analisis dampak ekonomi dari PT Sucofindo. "Hasil kajian tersebut, Untara layak didirikan. di kawasa Taput," kata Nikson, Selasa (2./2)

Selain itu, pendirian Untara ini juga didukung oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua DPRD Sumatra Utara Baskami Ginting, Bupati dan Wali Kota sekawasan Tapanuli Raya, dan berbagai oroganisasi kemasyarakatan dan pemuda.

Baca juga : Sabam Sirait: Kuping Dan Hati Politisi Harus Dekat Dan Bersama Rakyat

Nikson menyebutkan, di wilayah Sumatera Utara, saat ini hanya memiliki empat perguruan tinggi negeri, yaitu 3 Universitas dan Politeknik.  Tiga Universitas ini adalah Universitas Sumatera Utara, Negeri Medan dan Islam Negeri. 

Lebih lanjut Nikson mengatakan,  pendirian kampus negeri ini juga akan mendukung sektor parawisata kawasan Danau Toba, sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) prioritas dan kawasan Lumbung Pangan di Sumut. 

Atas dasar itu, Nikson berharap Presiden Jokowi menyetujui pendirian kampus Negeri ini (Untara) di kawasan Tapanuli Raya. “Kami berharap pendirian Untara dapat segera terwujud,” pungkasnya. [FIK] 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.