Dark/Light Mode

Asosiasi Muslim Haji Hormati Putusan Arab Soal Saudi Soalal Darangan Umroh.

Rabu, 3 Februari 2021 22:48 WIB
Ibadah umroh kembali distop oleh kerajaan Arab Saudi. (foto:net)
Ibadah umroh kembali distop oleh kerajaan Arab Saudi. (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), menghormati keputusan Pemerintah Arab Saudi yang menangguhkan umroh bagi  warga negara Indonesia. 

Hal itu disampaikan, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat AMPHURI, Firman M Nur dalam keterangan resminya yang diterima RM.id Rabu (3/2). 

"Keputusan Kerajaan Saudi didasari sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona varian baru,” kata Firman.

Baca juga : Siswa Non Muslim Diwajibkan Berhijab, DPR: Jangan Berlebihan

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri Saudi, mengumumkan penangguhan sementara kedatangan warga asing dari 20 negara dunia. Termasuk Indonesia. 

Keputusan ini mulai berlaku Rabu (3/2) malam. "Kecuali bagi warga negara Saudi, diplomat, praktisi kesehatan dan keluarga mereka," katanya. 

Menurut Firman, keputusan tersebut diambil atas dasar rekomendasi otoritas kesehatan Kerajaan Saudi yang menilai, masih adanya wabah pandemi dan munculnya varian baru dari Covid-19. 

Baca juga : Arab Saudi Buka Kembali Penerbangan Internasional

“Maka, sesuai dengan tindakan pencegahan dan pencegahan yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan, Pemerintah Saudi kembali menutup pintu masuk,” imbuhnya. 

Penangguhan ini berakibat pada keberangkatan jamaah umrah asal Indonesia. Karena itu, pihaknya meminta kepada penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) dan anggota AMPHURI lainnya untuk segera melakukan penjadwalan ulang. 

“Pastikan dengan pihak terkait bahwa jadwal umrah yang terdekat untuk dilakukan reschedule, termasuk dengan pihak maskapai dan hotel di Saudi,” bebernya, penuh harap 

Baca juga : PSSI Hormati Keputusan FIFA Tunda Piala Dunia U-20

Bagi jamaah, Firman meminta untuk bersabar dan menerima kondisi atas kebijakan ini demi kebaikan bersama.

 “Kami meyakini sampai saat ini Saudi tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah, dan memastikan perjalanan ibadah haji dan umrah dalam keadaan aman dan nyaman,” terang Firman.

Dia berdoa semoga Tuhan Yang Maha Esa segera mengangkat pandemi ini. "Sehingga kita bisa menjalankan ibadah dengan tenang di Tanah Suci," paparnya. [UMM]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.