Dark/Light Mode

Jokowi: Wajah Negara Ditentukan Pelayanan Publik

Senin, 8 Februari 2021 13:54 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menekankan pentingnya pelayanan publik yang prima kepada masyarakat. Menurut Jokowi, negara disebut hadir bagi masyarakat jika mampu memberikan pelayanan publik prima, cepat, profesional, dan berkeadilan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan melalui video dalam laporan tahunan Ombudsman 2020 secara virtual, Senin (8/2). "Pelayanan publik adalah wajah konkret kehadiran negara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari," ujar Jokowi.

Baca juga : Menko Airlangga: Pemerintah Segera Terapkan PPKM Berskala Mikro

Untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima, Presiden mengingatkan pentingnya ikhtiar yang berkelanjutan dari seluruh jajaran pemerintah. Selain itu, diperlukan pula transformasi sistem, tata kelola, serta perubahan pola pikir dan budaya kerja birokrasi di Indonesia.

Presiden menegaskan, petugas pelayanan publik harus senang melayani, jangan malah mau dilayani. Pelayanan publik ke depan juga harus inovatif, cepat, dan berorientasi kepada hasil. Pelayanan publik harus meninggalkan model kerja yang kaku, terjebak dalam hal-hal prosedural dan administratif.

Baca juga : 10 Juta Vaksin Tahap 4 Siap Disuntikkan Massal Ke Pelayan Publik

Namun, untuk mewujudkan ini, tidak bisa dilakukan hanya sepihak oleh Pemerintah. Perlu partisipasi banyak pihak. “Sebuah kerja besar kita bersama, memerlukan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Dalam meningkatkan pelayanan publik itu, Pemerintah memerlukan pengawasan dari Ombudsman. Pengawasan itu dapat diberikan dalam bentuk saran, dukungan, atau bahkan kritik. "Agar pelayanan publik di negara kita semakin berkualitas," ucap Kepala Negara.

Baca juga : Bantah Pengacara Nurhadi, KPK: Sengaja Menggiring Opini Publik

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengapresiasi kinerja Ombudsman yang selama ini terus mengawal dan mengawasi jalannya pelayanan publik di Indonesia. Selama ini, Ombudsman sudah mengawasi pelayanan publik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pelayanan publik yang dilakukan BUMN maupun badan swasta, serta perorangan yang ditunjuk untuk mengadakan pelayanan publik tertentu.

"Saya memberikan apresiasi, saya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ombudsman Republik Indonesia yang terus mengawal, melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik," ujar dia. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.