Dark/Light Mode

Cepat, Akurat Dan Murah

GeNose Bakal Dipakai Di Area Publik

Senin, 25 Januari 2021 08:43 WIB
Menko  Kemaritiman  dan  Investasi Luhut Binsar Pandjaitan  (ketiga  kanan) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri), didampingi Direktur Utama PT Kereta Api  Indonesia  Didiek Hartantyo  (kedua  kiri) saat  uji coba  GeNose,  alat  deteksi  Covid-19,  buatan  anak bangsa di Stasiun  Kereta  Api Senen, Jakarta, Sabtu (23/1). (Foto: Kemenhub)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ketiga kanan) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri), didampingi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo (kedua kiri) saat uji coba GeNose, alat deteksi Covid-19, buatan anak bangsa di Stasiun Kereta Api Senen, Jakarta, Sabtu (23/1). (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alat deteksi Covid-19, GeNose, akan segera digunakan di area-area publik. Dengan kecepatan, keakurasian serta biaya yang relatif terjangkau, alat pendeteksi Covid19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini akan membantu Pemerintah melakukan upaya 4T, yakni tracking, tracing, testing dan treatment. Alat ini diuji coba di Stasiun Kereta Api (KA) Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1).

Menteri KLuhuoordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyaksikan uji coba tersebut. Keduanya didampingi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartyanto, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri, Staf Khusus Menteri koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi Profesor Satryo Brodjonegoro, serta Profesor Eko perwakilan dari tim GeNose Universitas Gadjah Mada.

Berita Terkait : GeNose Bakal Dipakai Di Area Publik

GeNose mendeteksi virus melalui hembusan napas yang disimpan di dalam sebuah kantong. Napas yang diambil adalah napas ketiga untuk mendapatkan hasil mendekati keadaan sebenarnya. Setelah itu, kantong napas akan dihubungkan ke alat GeNose yang didukung kecerdasan buatan itu. Hasil tes akan keluar dalam waktu 50 detik.

Luhut mencoba langsung GeNose. Hasilnya, dia dinyatakan negatif Covid19. “Pemakaiannya hanya duduk sebentar, tiup, itu sudah bisa (keluar hasilnya). kalau nggak lulus, ya pulang kau, gitu saja,” tutur Luhut disambut tawa.

Berita Terkait : Dukung Vaksinasi, Bodi Pesawat Garuda Digambari Alat Suntik

Selain cepat, GeNose yang mendapat izin edar Kementerian kesehatan (kemenkes) pada Desember 2020, diklaim mampu mendeteksi Corona dengan akurasi di atas 90 persen.
 Selanjutnya