Dark/Light Mode

Plasma BUMN Untuk Indonesia Diluncurkan, Direksi BNI Ikutan Donor

Senin, 8 Februari 2021 14:50 WIB
(Ki-ka) Menteri BUMN RI Erick Thohir, Direktur Layanan dan Jaringan BNI Ronny Venir, dan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla pada penyelenggaraan Program Plasma BUMN di Jakarta, Senin (8/2). (Foto: Dok. BNI)
(Ki-ka) Menteri BUMN RI Erick Thohir, Direktur Layanan dan Jaringan BNI Ronny Venir, dan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla pada penyelenggaraan Program Plasma BUMN di Jakarta, Senin (8/2). (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Sementara itu Staff Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, yang juga adalah inisiator program Plasma BUMN Untuk Indonesia mengatakan, program ini tidak hanya berjalan pada hari ini saja, melainkan akan tetap berlangsung dan difasilitasi oleh Satuan Tugas (Satgas) BUMN dengan bekerja sama dengan PMI dan Rumah Sakit di setiap provinsi.

Dari 1,1 juta kasus sejak awal pandemi, sekitar 900 ribu terkonfirmasi sembuh, termasuk karyawan dan keluarga BUMN di dalamnya. "Para penyintas ini menjadi potensi pendonor yang tentunya dapat kita gerakkan agar turut menyukseskan program donor plasma dan membantu menyelamatkan nyawa para pasien. Kementerian BUMN siap menjadi pelopor donor plasma nasional untuk mendukung program Indonesia Sehat bersama Menteri BUMN,” ujar Arya.

Baca juga : Isoman Bisa Bantu Turunkan Angka Kematian, Asal Lakukan Dengan Benar

Hingga Kamis (4/2) lalu, terdapat 175 ribu kasus aktif Covid-19 di Indonesia. Angka kesembuhan kasus dapat ditingkatkan salah satunya dengan donor plasma konvalesen dari para penyintas Covid-19. Angka ini secara konsisten juga terus menunjukan tren peningkatan kasus.

Hal ini kemudian menjadi salah satu landasan dasar ide Program Plasma BUMN untuk Indonesia, untuk berkontribusi bersama menyembuhkan Indonesia.

Baca juga : Dua Penyiar Indonesia Tampil Di BIGO Award Gala 2021

Untuk itu, salah satu direksi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, yaitu Direktur Layanan dan Jaringan Ronny Venir, turut mendonorkan plasmanya demi membantu para penderita Covid–19, terutama penderita yang parah.

Ronny menjadi salah satu direksi BUMN yang paling awal mendonorkan plasmanya diantara pendonor lain di 15 provinsi di seluruh Indonesia secara serentak. Plasma BUMN untuk Indonesia diinisiasi oleh Kementerian BUMN, bekerjasama dengan PMI, dan dilaksanakan oleh Satgas BUMN yang ada di semua provinsi di Indonesia.

Baca juga : DBL Indonesia Luncurkan Komik Basket

Ronny menuturkan, donor plasma tersebut merupakan upayanya untuk ikut membantu penderita Covid–19 agar sembuh lebih cepat. “Saya pernah terkena Covid–19, dan rasanya tidak nyaman. Saya sangat beruntung dapat segera pulih. Saya ingin berbagi agar orang lain yang sedang sakit dapat terbantu dan sembuh sesegera mungkin,” ujarnya.

Ronny menambahkan, pegawai BNI survivor covid di seluruh Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi pendonor plasma konvalesen dalam program Plasma BUMN Untuk Indonesia. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.