Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bupati Pacitan Soal Museum Ani

Hibah 9 Miliar Tidak Masuk Kantong SBY

Rabu, 17 Februari 2021 06:30 WIB
Ilustrasi maket museum dan galeri seni SBY-Ani. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Ilustrasi maket museum dan galeri seni SBY-Ani. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan, Jawa Timur, lagi trending di media sosial. Yang bikin rame karena ada dana hibah Rp 9 miliar dari APBD Pacitan 2021. Bupati Pacitan, Indartato memastikan, dana tersebut tak masuk kantong SBY.

Perbincangan soal museum yang masih dalam proses pembangunan ini, mulai merayap di media sosial sejak Minggu (14/2) lalu. Tak jelas siapa yang pertama mendengungkannya. Namun, makin lama, perbincangannya makin panas.

Siang kemarin, tagar #TangkapBupatiPacitan nangkring di daftar trending topic. Tagar itu berisi antara lain berbagai kicauan yang isinya berkaitan dengan tuduhan diberikannya dana hibah Rp 9 miliar dari APBD Pemkab Pacitan kepada Yudhoyono Foundation, yayasan yang didirikan oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Berita Terkait : 5 Jajaran Jam Pintar, Tak Bikin Kantong Jebol

Menanggapi hal tersebut, Bupati Indartato angkat bicara. Dia menjelaskan, kronologi bantuan dana hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur itu.

Dulu, kata dia, Pemkab Pacitan mengusulkan dana bantuan pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI kepada Pemprov Jawa Timur. Ternyata, usulan pembangunan museum itu mendapat dukungan dari Pemprov.

Pemprov Jatim kemudian mengucurkan bantuan kepada Kabupaten Pacitan melalui dana bantuan keuangan khusus (BKK), 9 Desember 2020. Setelah itu, Pemkab Pacitan memasukkan dana itu ke dalam APBD Pacitan 2021.

Berita Terkait : Bamsoet: Yuk, Bantu Korban Bencana Alam

Menurut Indartato, Pemprov Jatim berharap, dengan pembangunan museum itu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan. “Kalau semakin banyak yang wisata ke Pacitan, kan devisanya akan bertambah,” kata Indartato, Selasa (17/2).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, juga ikut bicara. Menurutnya, pembanguan museum itu bakal mendongkrak pariwisata yang berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat. “Saya sudah melihat perkembangan pembangunannya dan sangat optimistis dapat mendongkrak perekonomian Pacitan,” kata Khofifah, di Surabaya, Selasa (17/2).

Eks Menteri Sosial itu memohon doa masyarakat agar pembangunan museum yang ditargetkan beres tahun ini, berjalan lancar, sukses dan segera dibuka untuk umum.

Berita Terkait : Hari Ke-7 Pencarian Sriwijaya Air SJ182, Tim Temukan 13 Kantong Jenazah

Bagaimana Partai Demokrat memberikan penjelasan terkait hal ini? Politikus Partai Demokrat, Andi Arief memastikan, SBY tidak pernah meminta dana tersebut. Dana Rp 9 miliar itu ditawarkan Pemprov Jawa Timur dalam bentuk dana hibah.
 Selanjutnya