Dark/Light Mode

Khawatir Kasus Covid-19 Kembali Naik

Pemerintah Lakukan Evaluasi Cuti Bersama 2021 Pekan Depan

Rabu, 17 Februari 2021 20:40 WIB
Muhadjir Effendy (FOTO; Istimewa)
Muhadjir Effendy (FOTO; Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah akan melakukan evaluasi cuti bersama tahun 2021. Dia menyatakan, kemungkinan jumlah cuti bersama 2021 akan dikurangi.

"Insya Allah minggu depan kami evaluasi. Kemungkinan besar akan kami kurangi cuti bersamanya," kata Muhadjir, pada Rabu (17/2).

Baca juga : 5 Lembaga Desak Pemerintah Ratifikasi Konvensi Anti Penyiksaan

Meskipun demikian, Menko Muhadjir belum memastikan berapa hari jadwal cuti bersama itu akan dihapus.

Dia menerangkan, pemerintah akan menggelar rapat evaluasi libur dan cuti bersama 2021 bersama kementerian dan lembaga terkait, untuk memastikan pengurangan cuti bersama.

Baca juga : Remaja Butuh Pemahaman dan Panduan

"Kami bicara dulu dengan kementerian terkait. Ada Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), ada Menaker (Menteri Ketenagakerjaan) ada Menag (Menteri Agama). Terutama yang berkaitan dengan libur keagamaan," terang dia.

Menko PMK berpandangan, kasus Covid-19 cenderung meningkat saat memasuki libur panjang. Namun menurutnya, penularan virus bukan hanya disebabkan libur panjang.

Baca juga : Pemerintah Dan BI Fokus Kawal Stabilitas Pangan

"(Libur panjang) bukan variabel tunggal. Ada banyak faktor," pungkasnya.

Sebelumnya, wacana evaluasi cuti dan libur bersama sepanjang 2021 telah dilontarkan Menpan RB Tjahjo Kumolo. Dia mengusulkan libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah hingga libur Tahun Baru 2022 diperpendek. Hal itu bertujuan untuk meminimalisasi penularan virus Corona saat musim libur panjang tiba. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.