Dark/Light Mode

Siapkan 5 Jurus Kendalikan Inflasi

Pemerintah Dan BI Fokus Kawal Stabilitas Pangan

Sabtu, 13 Februari 2021 05:42 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto : Twitter @airlangga_hr).
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto : Twitter @airlangga_hr).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) telah merumuskan lima jurus untuk mengendalikan inflasi tahun ini. Fokus utama strategi tersebut berfokus pada upaya menjaga stabilitas harga dan pasokan pangan.

Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto mengatakan, inflasi yang terkendali sangat diperlukan untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia tahun ini.

Baca juga : Ini 5 Langkah Strategis Pemerintah Dan BI Jaga Inflasi

Inflasi yang rendah dan sta­bil diharapkan juga membawa ekonomi kita makin kuat dan berkesinambungan menuju In­donesia Maju,” ungkap Airlang­ga Hartarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, kemarin.

Lima strategi tersebut ditu­jukan untuk menjaga inflasi dalam kisaran sasaran 3 plus minus 1 persen pada 2021. Lima jurus itu yakni, pertama menjaga inflasi kelompok ba­han pangan bergejolak (volatile food) dalam kisaran 3-5 persen. Upaya itu dilakukan dengan memperkuat empat pilar strategi yang mencakup keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan ko­munikasi efektif (4K) di masa pandemi Covid-19. Ditekankan­nya, Pemerintah juga akan men­jaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, terutama dalam mengantisipasi kenaikan permintaan menjelang Ramadan dan Idul Fitri pada April dan Mei 2021 mendantang. Serta, Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) lainnya.

Baca juga : Garuda Indonesia Perkuat Bisnis Kargo Udara Di Masa Pandemi

“Implementasi strategi akan difokuskan untuk menjaga paso­kan sepanjang waktu dan kelan­caran distribusi antardaerah, melalui pemanfaatan teknologi informasi dan penguatan kerja sama antardaerah,” ujarnya.

Jurus kedua, memperkuat koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pengendalian inflasi melalui penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian In­flasi 2021.

Baca juga : Pemerintah Ngandelin Program Kartu Prakerja

Ketiga, memperkuat sinergi antar-kementerian dan lembaga dengan dukungan Pe­merintah Daerah dalam rangka menyukseskan program Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) 2021.

Keempat, mem­perkuat ketahanan pangan na­sional dengan meningkatkan produksi antara lain melalui program Food Estate. Serta, menjaga kelancaran distribusi melalui optimalisasi infrastruk­tur dan upaya penanganan dampak bencana alam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.