Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presiden Bakal Tambah Dua Bendungan Di NTT

Rabu, 24 Februari 2021 08:24 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Napun Gete, di NTT Selasa (23/2).
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Napun Gete, di NTT Selasa (23/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah akan membangun tujuh bendungan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat ini, sudah ada tiga bendungan yang sudah selesai, yaitu Bendungan Raknamo di Kabupaten  Kupang di 2018, Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu di 2019, dan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka di 2021.

“Sekarang tinggal 4 bendungan dalam proses. Tapi tadi pagi Gubernur menyampaikan kepada saya minta tambahan dua lagi, padahal Provinsi yang lain paling banyak dua atau satu bendungan. Tapi disini memang bendungan sangat dibutuhkan," ujar Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Bendungan Napun Gete, Selasa (23/2). 

Bendungan Napun Gete merupakan bendungan ke tiga yang diresmikan Presiden untuk memenuhi kebutuhan air di Kabupaten Sikka, NTT. Bendungan Napun Gete merupakan salah satu kemakmuran di NTT. Selain air, bendungan ini bisa ditanam tanaman buah dan bisa dipakai untuk peternakan.

Baca juga : Presiden: Indonesia Beruntung, Paling Dulu Gelar Vaksinasi

Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Airlangga Mardjono mengatakan, Bendungan Napun Gete memiliki kapasitas tampung 11,2 juta m3. Bendungan ini mampu mengairi area irigasi seluas 300 hektar. 

Ia berharap, dengan selesainya bendungan ini dapat mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, khususnya di bidang pertanian.

Selain memiliki luas genangan 99,78 hektar (Ha), Bendungan Napun Gete juga memiliki keistimewaan yaitu  base flow-nya lebih bagus dari Rotiklot  di Kabupaten Belu dengan kapasitas tampung 3,3 juta m3 dan Raknamo di Kabupaten Kupang yang memiliki kapasitas 13 juta m3. 

Baca juga : Hari Ini Presiden Tinjau Lumbung Pangan Dan Bendungan Napun Gete Di NTT

Selain untuk irigasi, bendungan ini memiliki multifungsi sebagai penyedia air baku di Kabupaten Sikka sebanyak 214 liter per detik, pengendali banjir sebanyak 219 m3/detik dan memiliki potensi pembangkit tenaga listrik sebesar 0,1 MW. 

Bendungan ini juga bermanfaat sebagai lahan konservasi serta pariwisata sehingga dapat membantu kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pembangunan Napun Gete menggunakan biaya APBN sebesar Rp 880 miliar yang dilaksanakan oleh kontraktor PT Nindya Karya (Persero) dengan masa pelaksanaan sejak Januari 2017. 

Baca juga : Dubes Italia Tewas Dalam Serangan Di Kongo

Selama masa Pandemi, pekerjaan pembangunan bendungan tidak dihentikan untuk menjaga kesinambungan roda perekonomian, terutama penyediaan lapangan kerja bagi kontraktor, konsultan dan tenaga kerja konstruksi beserta kegiatan yang mengikutinya. 

Saat ini, dua bendungan tengah dalam konstruksi, yakni Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang, Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Sedangkan Bendungan Mbay di Kabupaten Nagekeo masa pelelangan.

Diketahui, peresmian Bendungan Napun Gete ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja dan Uskup Maumere, Mgr. Martinus Edwaldus. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.